Forgot Password Register

Pimpinan Korut KimJong Un Bakal Kunjungi Korea Selatan untuk Pertama Kali

Pimpinan Korut KimJong Un Bakal Kunjungi Korea Selatan untuk Pertama Kali Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan mengunjungi Seoul untuk pertama kalinya dalam beberapa minggu ke depan, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, perjalanan Kim ke Seoul merupakan upaya denuklirisasi di Semenanjung Korea. 

Namun, Moon mengungkapkan, waktu kunjungan Kim ke Seoul bisa saja berubah.

"Ada kemungkinan bahwa kunjungan Kim Jong Un ke Seoul dapat dilakukan dalam tahun ini, tetapi ada hal-hal yang lebih penting daripada waktunya," katanya saat kunjungan ke Selandia Baru, yang dilansir dari AFP, Selasa (4/12/2018).

Baca juga: Soal Denuklirisasi, Korea Utara 'Ludahi' AS (Lagi)?

"Apakah tahun ini atau tidak tidak begitu penting, yang penting adalah bahwa kunjungan pemimpin Korea Utara ke Korea Selatan pasti akan mempercepat proses denuklirisasi di semenanjung Korea."

Moon mengatakan kunjungan Kim ke Korea Selatan juga akan meningkatkan hubungan AS-Korea Utara setelah pertemuan Kim dan Presiden Donald Trump di Singapura pada Juni lalu.

"Saya percaya bahwa upaya kami pasti akan memberikan dorongan positif untuk pertemuan puncak AS-Korea Utara kedua," katanya.

"Presiden Trump dan saya berbagi pandangan dalam hal itu."

Baca juga: Terungkap, Militer AS Merasa Terjepit dengan Membaiknya Diplomatik dengan Korut

Moon menekankan dampak kehadiran Kim di Korea Selatan terhadap kedua negara.

"Ini akan menjadi pertama kalinya bahwa pemimpin Korea Utara akan mengunjungi Seoul sejak Korea dibagi menjadi dua negara. Meskipun tidak ada jangka waktu yang ditetapkan, itu masih sangat berarti. Kami dapat meningkatkan hubungan Korea Selatan dan Korea Utara serta mencapai perdamaian permanen di semenanjung Korea dan denuklirisasi," paparnya.

Korea Utara dan Selatan telah mulai menghapus ranjau darat dan menghancurkan beberapa lokasi rahasila militer di sepanjang perbatasan Korea. Moon Jae-in dan Kim Jong Un telah bertemu tiga kali pada tahun 2018, di tengah hubungan yang memanas antara duo Korea. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More