Pantau Flash
Korsel Kucurkan USD74 Juta Garap Sistem Antidrone Antisipasi Ulah Korut
Menteri Energi Arab Saudi Targetkan Produksi Minyak Pulih Akhir September
Hindari Asap Karhutla, Satwa Liar Banyak Masuk ke Permukiman Warga
Karhutla di Indonesia Diprediksi hingga Akhir September
Data: Tren Penggunaan Robot pada Industri Indonesia Naik

Polisi Bongkar Jaringan Sabu yang Dibungkus Abon Lele

Polisi Bongkar Jaringan Sabu yang Dibungkus Abon Lele Pengungkapan kasus narkoba (Foto: Pantau.com/Rizky Adytia)

Pantau.com - Subdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkap jaringan narkoba Riau, Jakarta, dan Bandung yang dalam peredarannya menggunakan modus bungkus abon lele.

Pengungkapan jaringan itu bermula saat polisi menangkap seorang tersangka berinisial SUL di kawasan Taman Mini, Jakarta Timur, pada Kamis, 21 Februari 2019.

Dari penangkapan itu, polisi menyita 100 gram sabu-sabu yang disembunyikan dengan cara dilakban.

Baca juga: Dua Pelaku Begal Potong Tangan di Makassar Dituntut 17 Tahun Penjara

Selain itu, kasus ini merupakan pengembangan dari kasus sebelumnya yakni sabu dalam kemasan Abon Lele 6,5 kg, 40.000 butir ekstasi, dan 20.000 butir Yaba asal Thailand jaringan Banjarmasin, Jakarta, Bandung dengan beberapa tersangka.

"Dari kasus itu kami kembangkan dan berhasil menangkap tersangka SUL itu," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Usai menangkap SUL, lanjut Argo, pihaknya langsung mengembangkannya dengan menggeledah rumah kontrakannya yang berada di kawasan Cipayung, Jakarta Timur.

Dari penggeledahan itu, sedikitnya ditemukan 5,9 kilo sabu-sabu. Rencananya, sabu-sabu itu akan dimasukkan ke dalam kemasan abon lele yang tiap kantongnya berisi 500 gram.

Baca juga: Pengamen Aniaya Pemulung Gara-gara Ditolak Berhubungan Badan

"Dari penangkapan SUL kita sita kurang lebih 6 kilo sabu-sabu," ungkap Argo.

Terpisah, Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Calvin Simanjuntak menambahkan dalam pengembangan itu pihaknya membentuk tiga tim yang bergerak di wilayah Pekanbaru, Bandung, dan Jakarta. 

Dari pengembangan di Bandung, polisi menangkap dua tersangka yakni NOL dan RID. Dari tangan keduanya sabu seberat 2 gram berhasil disita petugas.

Selain itu, dalam peredaran jaringan tersebut kerap menggunakan hotel-hotel kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat, sebagai lokasi transaksi.

"Tersangka SUL pernah mengambil barang bukti 4 bungkus Abon Lele dikamar Hotel di Mangga Besar," singkat Calvin

Atas perbuatannya para tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) juncto pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancama pidana maksimal hukuman mati.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: