Forgot Password Register

Polisi Tangkap Penceramah Kontroversial Harun Yahya Atas Kasus Pelecehan Seksual

Adnak Oktar alias Harun Yahya. (Foto: Reuters) Adnak Oktar alias Harun Yahya. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Polisi Turki menangkap penceramah di televisi Islam dan penulis Adnan Oktar alias Harun Yahya atas kasus penipuan, kriminal serta kekerasan seksual di Istanbul. 

Melansir Reuters, Kamis (12/7/2018), otoritas keamanan Turki menangkap Harun Yahya dan pengikutnya di lima wilayah Turki.

Oktar menjadi penceramah di program saluran televisinya sendiri bernama A9. Dalam acara tersebut ia melakukan talk show tentang nilai-nilai Islam. Kadang-kadang dalam program tersebut ia menari dengan seorang wanita muda yang disebutnya "anak kucing" dan bernyanyi dengan pria muda dengan panggilan "singa".

Baca juga: Imbas Masalah Makedonia, Yunani Usir 2 Diplomat Rusia

Pada bulan Februari, pengawas televisi Turki menangguhkan program televisi yang diselenggarakan oleh Oktar yang memadukan diskusi dan tarian teologis.

Surat kabar Hurryiet mengatakan polisi menggerebek rumah Oktar di Cengelkoy di sisi Asia di Istanbul. Dalam penggerebekan tersebut terdapat perlawanan dari pengawal Harun.

Polisi mengatakan mereka sejauh ini telah menahan 166 orang dari 235 orang yang dicari tersangka.

Baca juga: Seorang Anggota Neo-Nazi Divonis Penjara Seumur Hidup di Jerman

Oktar di masa lalu menuduh intelijen Inggris meminta pihak berwenang Turki untuk mengambil tindakan terhadapnya.

Ia mulai membentuk kelompok pengikut pada akhir tahun 1970-an, telah menghadapi sejumlah persidangan atas tuduhan termasuk membentuk geng kriminal, tetapi dibebaskan.

Menurut situs webnya, Oktar telah menulis lebih dari 300 buku, diterjemahkan ke dalam 73 bahasa, termasuk satu di bawah nama pena Harun Yahya di mana ia berpendapat bahwa teori evolusi Darwin adalah akar dari terorisme global.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More