Forgot Password Register

Presiden Turki Angkat Menantu Jadi Menkeu, Mata Uang Lira Merosot Tajam

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters/Umit Bektas) Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters/Umit Bektas)

Pantau.com - Presiden Turki Tayyip Erdogan mempergunakan kewenangan dalam sistem presidensial baru yang sudah lama dia kampanyekan. Ia menunjuk menantunya menjadi menteri keuangan.

Erdogan mengangkat Berat Albayrak menjadi menteri keuangan dan finansial dalam kabinetnya. Penetapan kabinet baru membuat nilai mata uang lira turun tajam pada hari yang sama. 

"Kami meninggalkan sistem yang dalam masa lalu telah membuat negara kami harus membayar mahal karena menyebabkan kekacauan politik dan ekonomi," kata Erdogan dalam sebuah pidato pada Senin malam waktu setempat.

Baca juga: 5 Anak Masih Terjebak di Gua Tham Luang Thailand

Erdogan kini secara resmi menjadi pemimpin Turki paling kuat sejak Mustafa Kemal Ataturk pasca runtuhnyadari reruntuhan kekaisaran Ottoman.

Erdogan mengatakan bahwa sistem presidensial yang kuat sangat vital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memastikan keamanan nasional, terutama setelah upaya kudeta gagal pada 2016 lalu.

Setelah kudeta gagal dua tahun lalu, Turki, sebagai negara anggota NATO dan kandidat anggota baru Uni Eropa, telah menahan sekitar 160.000 orang, memenjara para wartawan yang kritis, serta memberedel puluhan media.

Pemerintah beralasan langkah itu diperlukan mengingat situasi keamanan yang gawat.

Sementara itu para investor khawatir Erdogan, orang yang mendaku diri sebagai musuh dari "bunga bank", akan semakin memperketat kebijakan moneter.

Baca juga: Kebijakan Brexit Kembali Makan Korban, Menlu Boris Johnson Angkat Koper

Share :
Komentar :

Terkait

Read More