Forgot Password Register

RAISA yang Satu Ini Terbukti Sukses Buat Petani Sumringah

RAISA yang Satu Ini Terbukti Sukses Buat Petani Sumringah Panen padi (Foto: Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian)

Pantau.com - Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), terus berupaya melakukan terobosan guna meningkatkan produksi padi dibeberapa provinsi sentra produksi padi di Indonesia.

Salah satunya dengan dalam bentuk demonstrasi farming (Demfarm) berbagai agroekosistem dengan paket teknologinya.

Kali ini, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Selatan berhasil melaksanakan demfarm teknologi sistem produksi padi sawah pasang surut intensif, super dan aktual (RAISA) seluas 50 hektar di Desa Sukaraja, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Baca juga: Millennials Pasti Sering Keliru, Deretan Merek Sepatu ini Asli Indonesia Lho

"Sumatera Selatan mempunyai potensi cukup luas bagi pembangunan pertanian, khususnya pengembangan pertanian lahan rawa pasang surut," kata Amir Pohan Kepala BPTP Sumatera Selatan.

Sementara itu Kepala BB Padi Priatna Sasmita mengatakan dalam rangka mengoptimalkan lahan rawa diperlukan teknologi pengelolaan lahan yang tepat dan terpadu serta penggunaan varietas padi yang adaptif di lingkungan rawa.

"Untuk meningkatkan produktivitas padi rawa pasang surut perlu terus dikembangkan teknologi budidaya yang bisa dikembangkan secara berkelanjutan. 

Baca juga: Jangan Goyang Aja! Belajar Nih Soal Kebutuhan Hidup dari Lagu Dangdut

Saat ini BB Padi sedang menyusun berbagai teknologi pendukung agar pengelolaan lahan rawa terus berkelanjutan, seperti teknologi RAISA yang sedang dilaksanakan di Kabupaten Banyuasin saat ini.

Dari tiga varietas Inpara 2, Inpara 3, dan Inpara 8 yang dipanen diperoleh hasil produksi rata-rata 4,6-8,2 t/ha atau ada peningkatan hasil 1-2 t/ha dibanding budidaya cara petan," beber  Priatna. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More