Pantau Flash
Ma'ruf Amin Minta Menag Sempurnakan Lagi PMA Majelis Taklim
5 Klub Perebutkan 2 Tiket Sisa ke 16 Besar Liga Champions
Patung Bung Karno Diresmikan di Stasiun Blitar
Hati-hati! KM 40-86 Tol Cipali Rawan Kecelakaan
Dana Program Keluarga Harapan Tetap Dicairkan Kemenkeu Awal 2020

Resep Dimsum Talas Renyah Ala Chef Marinka

Resep Dimsum Talas Renyah Ala Chef Marinka Chef Marinka (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Dimsum memang banyak macamnya, salah satunya yang digoreng, seperti hasil kreasi koki ternama Indonesia Chef Marinka yang membuat dimsum dengan bahan utama talas, dan dinamai 'Bola Talas'.

Baca juga: Setelah Bebas, Chef Marinka Sarankan Ahok Makan Cokelat, Kenapa?

"Bola Talas itu idenya sebetulnya kemarin saran dari asisten aku, terus aku emang sering bikin perkedel talas. Sebetulnya aslinya bola talasnya itu lebih alus, tapi aku lebih senang yang kayak gini karena lebih crunchy (garing)," ujar Chef Marinka dalam acara memasak bersama Bertolli di Almond Zucchini, Prapanca, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Selain talas, bahan lainnya cukup mudah untuk dicari seperti udang yang sudah dicincang, telur, wijen, minyak wijen, jahe, bawang merah dan bawang putih, garam, lada, dan gula.

Prosesnya juga cukup mudah, pertama, pastikan buah talas sudah diparut dengan menggunakan parutan yang cukup besar seukuran pelarut keju besar. 

Kedua, campurkan bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang masing-masing, begitupun dengan jahe yang sudah diparut secukupnya. Selayaknya bakwan, langsung campurkan minyak wijen, wijen, garam, lada bubuk, dan gula secukupnya. Kemudian tambah tiga buah telur aduk rata.

Ketiga, setelah semuanya tercampur, panaskan kompor dengan minyak penuh, bentuk adonan seperti bola, dan goreng hingga matang kecoklatan. Perlu diingat ukuran jangan terlalu besar, karena khawatir bagian dalamnya yang belum matang.

Dimsum bola talas 

"Kesalahan yang sering dilakukan, memasukkan gorengan sebelum minyak benar-benar panas, itu membuat cepat gemuk, karena minyak meresap ke dalam celah-celah bahan, yang berbeda saat panas," tutur Chef Marinka ditengah-tengah pengajarannya.

Baca juga: Resep Ini Bisa Kamu Coba untuk Menu Makan Siang Sehatmu

Sementara itu, hasilnya bola talas rasanya sangat berbeda dari dimsum kebanyakan yang cenderung kenyal. Talasnya cukup terasa, teksturnya terasa garing dan renyah diluar, namun lembut di dalam. Belum lagi rasa udang yang begitu kentara dalam setiap gigitan.

Disarankan untuk menggunakan minyak olive oil agar tidak mudah gemuk, dan ditambah saus serta mayones membuat rasa lebih menggugah.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: