Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

Resmi Diketok di DPR, Kini Batas Usia Perkawinan Menjadi 19 Tahun

Resmi Diketok di DPR, Kini Batas Usia Perkawinan Menjadi 19 Tahun Gedung DPR (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Revisi Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan secara resmi sudah disahkan DPR dalam Rapat Paripurna yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/20190. Dengan begitu secara resmi kini batas usia perkawinan baik laki-laki maupun perempuan menjadi 19 tahun.

Pengesahan RUU ini dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Awalnya Wakil Ketua Badan Legislasi, Totok Daryanto terlebih dulu menyampaikan laporan terkait dengan kesepakatan pemerintah dengan DPR atas batas usia perkawinan.

Baca Juga: Ajukan Satu Pasal Perubahan UU Perkawinan, Ini Kata Menteri Yohana Yembise

"Menyetujui batas usia minimal bagi pria dan wanita untuk perkawinan adalah 19 tahun. Namun dengan catatan dua fraksi, yaitu PKS dan PPP bahwa usia minimal untuk perkawinan adalah 18 tahun," ujar Totok dalam rapat paripurna.

Setelah Totok, kemudian Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise juga diberikan kesempatan menyampaikan laporan atas RUU Perkawinan itu. Ia mengucapkan rasa terimakasihnhya kepada DPR atas kerja sama dalam pembahasan revisi Perkawinan.

Usai menyampaikan laporan, Pimpinan Rapat kemudian memintai persetujuan kepada para anggota DPR yang hadir dalam rapat terkait dengan RUU Perkawinan.

"Apakah rancangan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dapat disetujui disahkan menjadi undang-undang. Apakah dapat disetujui?" tanya Fahri lalu disambut ucapan setuju dari para anggota.

Bersamaan dengan itu Rancangan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan ini pun akhirnya disahkan dan diketuk palu.

Baca Juga: Infografis Marital Rape, Pidana Perkosaan Suami-Istri di RUU KUHP 2019

"Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah, kepada presiden yang mewakilinya, atas keterlibatan dalam rancangan UU tersebut. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak pemerintah dan DPR yang telah menyelesaikan rancangan UU tersebut," tandasnya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional