Pantau Flash
Jokowi kepada Seluruh Kementerian: Belanjakan DIPA 2020 Secepat-cepatnya
Timnas U-22 Indonesia Terancam Tanpa Pemain Senior di SEA Games 2019
YLKI Desak Anies Baswedan Atur Keberadaan Otopet Listrik
Puan: Brimob Harus Makin Galak dengan Terorisme!
Penerimaan Bea Keluar Nikel Ekspor Melonjak Akibat Larangan Ekspor

RUU Pemasyarakatan Tak Jadi Disahkan Hari Ini

Headline
RUU Pemasyarakatan Tak Jadi Disahkan Hari Ini Rapat paripurna DPR (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Revisi Undang-Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan atau PAS tak jadi disahkan dalam rapat paripurna hari ini Selasa (24/9/2019). Kepastian itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Komisi III Erma Suryani Ranik.

Untuk diketahui tercatat dari agenda DPR RI hari ini, RUU Permasyarakatan akan dibawa pada pembahasan tingkat II atau dibawa ke dalam rapat paripurna yang digelar siang hari ini.

Baca Juga: DPR Gelar Rapat Paripurna, Ini RUU yang Akan Disahkan

"Enggak (disahkan), RUU PAS itu," ujar Erma di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Adapun penundaan pengesahan revisi UU PAS ini dilakukan, lantaran menurut Erma mengikuti RUKUHP yang juga ditunda pengesahannya. Pasalnya revisi UU tersebut bakal mengacu kepada RUU KUHP sebagai induk aturan hukum.

"Seingat saya tergantung keputusan fraksi. Tapi Demokrat sudah sepakati kalau RKUHP disepakati ditunda PAS-nya juga ditunda. Berpikirnya harus lurus dulu KUHP kita bereskan, habis itu baru PAS," ungkapnya.

Terkait RUU PAS yang sudah masuk agenda pengambilan keputusan tingak II sebelumnya, Erma menegaskan bahwa hal tersebut ditentukan sebelum ada permintaan penundaan pengesahan RUU KUHP oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya diberitakan, DPR akan mengesahkan 6 Rancangan Undang-Undang atau RUU dalam rapat paripurna, Selasa (24/9/2019) pagi. Rancangan Undang-Undang (RUU) itu akan menjadi UU.

Baca Juga: Ada Aksi Demo di DPR, Polisi Siapkan Kawat Berduri hingga Rekayasa Lalin

Ada enam RUU yang akan disahkan menjadi UU yaitu; pertama, Pembicaraan Tingkat II/Pengambilan Keputusan terhadap RUU tentang Pemasyarakatan; kedua, Pembicaraan Tingkat II/ Pengambilan Keputusan RUU tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: