Pantau Flash
Prabowo: Rencana Pemindahan Ibu Kota Sudah Digodok Gerindra Sejak 2014
Anies Pastikan Pemprov DKI Lepas Saham di Perusahaan Bir Tahun Depan
Pemindahan Ibu Kota, Sri Mulyani: Kami Tidak Masukkan ke RAPBN 2020
Dua Kali Tertinggal, Madura United Tahan Imbang Persija 2-2
Zakir Naik Dipanggil Polisi Malaysia Terkait Berita Hoax dan China

Sama-sama Lakukan Eksplorasi Migas, Ini Lho Bedanya Offshore dan Onshore

Sama-sama Lakukan Eksplorasi Migas, Ini Lho Bedanya Offshore dan Onshore Offshore (Foto: Kementerian ESDM)

Pantau.com - Sama-sama aktifitas pengeboran minyak, kenapa ada dua istilah yang berbeda di dua tempat pengeboran di dunia ini, yakni onshore dan offshore. 

Buat kalian yang memang sudah berkecimpung di dunia pertambangan pasti udah fasih betul dengan dua pengertian di atas. Tapi buat sobat Pantau yang masih galau-galau mau jawab, kali ini Pantau.com akan membahasnya.

Dikutip dari situs Instagram Humas SKK Migas, dijelaskan perbedaan offshore dan onshore. Offshore itu dalam Bahasa Inggris artinya lepas pantai, dalam industri hulu migas, offshore diartikan pekerjaan yang terkait dengan bangunan yang dibuat di atas laut dengan kedalaman tertentu sebagai penopang kegiatannya, seperti eksplorasi dan eksploitasi.

Kalau onshore, pengertiannya juga sama namun lokasi yang dimaksud adalah struktur yang dibangun di daratan sebagai penopang kegiatan eksplorasi dan eksploitasi. Jadi keduanya hanya dibedakan berdasarkan lokasi kegiatan saja.

Baca juga: SKK Migas: Penanganan Minyak Tumpah PHE ONWJ oleh Pertamina Cukup Baik

Mana yang lebih untung?

Dikutip dari PDSI Pertamina, Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Fasilitas Produksi Minyak dan Gas Bumi Indonesia (IAFMI), Taufik Aditiyawarman menjelaskan, peluang adanya temuan cadangan migas baru dari wilayah lautan Indonesia masih sangat terbuka. 

Peta aset offshore Indonesia yang ada saat ini, dijelaskannya, membentang mulai dari Laut Jawa, lepas pantai Kalimantan Timur, Selat Makassar, Teluk Bintuni-Papua Barat, sampai Blok Masela di Laut Timor bagian timur. Kawasan-kawasan itu pun hanya sebagian kecil dari luasnya wilayah lautan Indonesia, yang diyakini memiliki lebih banyak basin yang masih belum terjamah. 

"Untuk mengembangkan lapangan migas offshore tidaklah semudah di darat. Secara teknis requirements untuk offshore juga lebih tinggi," jelas Taufik saat ditanya soal  minimnya kegiatan offshore di Indonesia.

Secara garis besar ada tiga tantangan utama untuk melakukan kegiatan offshore, yaitu biaya, teknologi, dan sumber daya manusia. Dari ketiganya, faktor biaya yang tinggi bisa dikatakan tantangan paling besar dalam pengembangan lapangan offshore. 

Baca juga: Lifting Migas 6 Kontraktor Menurun, SKK Migas: Ini Memang Jadi Concern

Untuk memberi gambaran betapa besarnya dana yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek migas offshore bisa dilihat dari biaya pengeborannya.  Yakni mencapai US$ 100-120 juta atau setara dengan Rp 1,7 triliun untuk setiap sumur offshore khususnya deepwater.

Menurut Direktur Eksekutif Reforminer Institute, Komaidi Notonegoro ada berbeda dengan kegiatan onshore, lapangan migas offshore harus membangun infrastrukturnya dari nol, baik yang berada di tengah laut maupun di daratan. Terlebih bagi kegiatan-kegiatan offshore di Indonesia timur yang infrastruktur di kanan kirinya belum semapan Indonesia barat. 

"Karena itu biayanya pasti lebih mahal," kata Komaidi

Konstruksi platform migas lepas pantai juga menjadi biaya tersendiri. Konstruksi baja berkualitas tinggi yang dipakai untuk membangun platform offshore, menurut Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia Johny Wahyuadi Soedarsono, tidaklah murah. Untuk baja krom 13 yang grade-nya sedikit di atas baja biasa, harganya sudah enam kali lipat baja biasa. Jika dinaikkan kembali grade-nya terdapat stainless steel yang harganya 13 kali lipat. Bahkan ada yang harga bahan logamnya sampai 35 kali lipat. 

Berdasarkan lokasi wilayah kerja migas terdiri dari 134 blok onshore, 83 blok offshore, dan 34 blok onshore/offshore.

Share this Post:
Tim Pantau
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: