Forgot Password Register

Seram! 'Autopilot' Pesawat Ini Eror Usai Lepas Landas, Lubang Kematian Menganga

Seram! 'Autopilot' Pesawat Ini Eror Usai Lepas Landas, Lubang Kematian Menganga Pesawat Flybe. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pesawat Flybe nyaris masuk ke dalam lubang kematian, setelah autopilot diaktifkan usai lepas landas dari bandara Belfast, Glasgow, Skotlandia.

Melansir RT, Jumat (9/11/2018), penerbangan yang mengangkut 44 penumpang dan empat awak dengan pesawat jenis Bombardier Dash-8 Q400 turboprop dari Belfast City ke Glasgow berjalan lancar. Pesawat berhasil mencapai ketinggian sekitar 400 meter ketika pilot menggunakan autopilot.

Namun, saat mencapai ketinggian sekitar 457 meter, tiba-tiba pesawat berubah arah dan menukik tajam ke daratan. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Cabang Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB), pesawat itu jatuh hanya dalam waktu 18 detik dengan kecepatan hampir 80 kilometer per jam pada ketinggian 150 meter.

Baca juga: Boom! Balok Es dari Sebuah Pesawat Hujam Kamar Pria Ini seperti Ledakan Bom

Menurut keterangan para kru pesawat, mereka telah melihat daratan ketika autopilot diganti manual oleh pilot. Pesawat pun dipaksa untuk kembali naik mencapai ketinggian 300 meter.

Para kru kemudian melanjutkan penerbangan ke Glasgow dan mendarat tanpa insiden lebih lanjut.

AAIB akhirnya menemukan bahwa kru berhasil mengatur autopilot. Flybe kemudian mengatakan bahwa mereka telah mengambil beberapa langkah keamanan dalam menanggapi kecelakaan, termasuk revisi pelatihan simulator dan amandemen ke daftar periksa pra-takeoff pilot.

Baca juga: Penerbangan Indonesia Jadi Buruan Media Asing, Kali Ini Bau Durian ala Sriwijaya Air

Share :
Komentar :

Terkait

Read More