Forgot Password Register

Headlines

Tak Hanya Soeharto, Presiden RI Ini Juga Lengser Tersandung Masalah Krisis

Tak Hanya Soeharto, Presiden RI Ini Juga Lengser Tersandung Masalah Krisis Jajaran Presiden RI

Pantau.com - Sebelum pelengseran Presiden Soeharto karena krisis di tahun 1998, warga Indonesia khususnya generasi millennials dan generasi Z harus mengetahui sejarah terdahulunya.

Tahun 1959, masa pemerintahan Presiden pertama RI, Soekarno juga sempat tergoncang masalah perekonomian. Bahkan, ada sejumlah kebijakana baru yang menyebabkan perubahan di mata uang Indonesia yakni rupiah.

Saat itu, Soekarno menutuskan untuk melakukan sanering. Apa itu sanering?  Sanering adalah pemotongan nilai uang tanpa mengurangi nilai harga, sehingga daya beli masyarakat menurun.

Baca juga: Dapat SMS No Rekening? Ayo Laporkan Modus Penipuan ke cekrekening.id

Kebijakan ini diambil untuk mengatasi situasi perekonomian Indonesia yang saat itu sedang terpuruk yaitu utang menumpuk, inflasi tinggi, dan harga melambung tinggi.

Hal tersebut disebabkan perekonomian Indonesia yang masih belum tertata setelah kemerdekaan. Untuk itu pemerintah melakukan tindakan sanering yang dikenal dengan sebutan gunting syafruddin.

Kemudian pemerintah kembali melakukan tindakan sanering yang kedua pada tahun 1959, tepatnya pada 25 agustus 1959. Hal ini dilakukan untuk menekan laju inflasi sehingga pemerintah mengeluarkan peraturan pemerintah (PEPRU) No. 2 dan N0. 3 tahun 1959 yang pada intinya melakukan pemotongan nilai uang kertas dari Rp500,- dan Rp1000,- menjadi Rp50,- dan Rp100,-. Dan pembekuan simpanan (giro dan deposito) di bank-bank.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More