Pantau Flash
Ahsan/Hendra Raih Gelar Juara Dunia 2019
Hasil MotoGP Inggris 2019: Alex Rins Terdepan, Marquez Kedua
Soal Pemindahan Ibu Kota, Kemendagri Sebut Belum Tentukan Letak Pastinya
Putin Perintahkan Kemhan Rusia Balas Uji Coba Peluru Kendali AS
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia

Tak Peduli Kesepakatan Anggaran, Trump Kukuh Bangun Tembok Perbatasan

Tak Peduli Kesepakatan Anggaran, Trump Kukuh Bangun Tembok Perbatasan Presiden AS Donald Trump dalam pidato di El Paso County Coliseum di El Paso, Texas. (Foto: Reuters/Leah Millis)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikar Donald Trump mengatakan pada Selasa (12/2/2019), dinding perbatasan AS-Meksiko akan tetap dibangun, tidak peduli dengan apapun syarat pendanaan tembok perbatasan oleh Partai Republik dan anggota Kongres Demokrat.

"Kita akan tetap membangun dinding. Mereka (anggota Kongres) mengatakan, kemajuan telah dibuat. Dan saya mengatakan, tunggu sebentar, saya harus mengurus penduduk dari Texas, saya bahkan tidak ingin mendengar kemajuan apa yang telah di buat mereka," kata Trump dalam sebuah pernyataan di El Paso, Texas, seperti dikutip Fox News, dilansir Sputnik, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Lewat Foto Rasis, Trump Tuding Demokrat Inginkan Tutup Instansi Lain

Sebelumnya, Senator Richard Shelby mengatakan, undang-undang telah mencapai kesepakatan terkait dengan keamanan di perbatasan guna mencegah shutdown atau penutupan pemerintah pusat lainnya yang dipicu perselisihan antara Trump dan Kongres Demokrat terkait dengan dana untuk membangun dinding di perbatasan AS-Meksiko.

Awalnya, Trump meminta Kongres untuk memberikan anggaran dana senilai USD5,7 miliar untuk membangun dinding pembatas, yang diketahui hasil dari kesepakatan dengan mengalokasikan sekitar USD1,4 miliar.

Trump telah berulang kali menyatakan akan memberlakukan darurat nasional untuk mengatasi krisis atas kejahatan yang disebabkan oleh kedatangan ribuan imigran di perbatasan, seperti penyelundupan narkoba dan perdagangan manusia. 

Baca juga: Viral! Pidato Kenegaraan Trump Dihadiah Tepukan 'Nyeleneh' Nancy Pelosi

Darurat nasional dilaporkan memungkinkan Trump untuk mengerahkan militer membangun dinding perbatasan dengan dana yang dialihkan di pemerintah federal AS.

Namun, kelompok Demokrat di Senat telah menunjukan berupa undang-undang yang disebut RAIDER, yang dirancang untuk mencegah Trump mengakses dana untuk membangun dinding di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Secara khusus, undang-undang tersebut akan melarang penggunaan jumlah yang disesuaikan untuk konstruksi militer guna pembangunan dinding, pembebasan lahan, serta kegiatan yang terkait di Selatan tanpa otorisasi undang-undang dari Kongres.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: