Pantau Flash
Imbas Perang Dagang, China Mulai Kurangi Impor Emas Hingga 500 Ton
OTT Yogyakarta: KPK Bawa 5 Orang ke Jakarta untuk Diperiksa
G7 Adakan KTT di Tengah Kepanikan akan Perekonomian Global
Redam Hoax Kerusuhan Papua, Kemkominfo Sempat Perlambat Internet
Efek Aksi Demo, Pemesanan Tiket Pesawat ke Hong Kong Turun 20 Persen

Teka-Teki Maskapai LCC Seperti Lion Air Bisa Jual Tiket Murah (Bagian II)

Headline
Teka-Teki Maskapai LCC Seperti Lion Air Bisa Jual Tiket Murah (Bagian II) Pramugari Lion Air (Foto: Instagram/Lion Air)

Pantau.com - Hayo siapa dari sobat Pantau yang suka naik Lion Air? kalian tahu enggak nih kenapa tiket Lion Air terbilang paling murah di antara deretan maskapai di Indonesia?

Rupanya, maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carier (LCC) cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Salah satunya Lion Air yang memiliki tarif lebih murah dan jalur penerbangan yang cukup banyak. 

Kata pengamat penebangan Gerry Soejatman beberapa alasan yang membuat pesawat maskapai LCC ini bisa lebih murah dibandingkan maskapai lainnya terutama maskapai full service.

Baca juga: Teka-Teki Maskapai LCC Seperti Lion Air Bisa Jual Tiket Murah (Bagian I)

4. Efisien Pelayanan 

Hal lainnya yakni pengurangan fasilitas seperti makanan. Sehingga para penumpang yang membutuhkan makan harus memesan berbeda dengan maskapai full service yang menyediakan all in.

"Selain itu juga pelayanan yang diberikan, makanan penghematan juga optimalisasi tiket murah bukan hanya dari itu tapi juga makanan bukan perunit (tiket) yang dijual," ungkapnya.

Baca juga: Begini Jadinya Kalau 'Tampang Boyolali' Jadi Duit

5. Keuntungan Bukan Dihitung Pertiket

Maskapai LCC ini tidak menghitung keuntungan dari perunit tiket yang dijual tapi per maskapai sehingga target yang harus dicapai adalah angka tertentu waluapun harus ditempuh dengan berbagai promosi. 

"Jadi mereka tidak melihat per kursi untung atau tidak tapi yang dilihat per penerbangan untung tidak, target misal target USD 8000-10000 perjam (caranya) mau digratiskan cargo, mau jual iklan, makanan, di pesawat itu strategi aja yang penting kebutuhan, kelaikkan dipenuhi karena mereka tahu kalau (itu) dipangkas mati (industrinya)," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika
Category
Ekonomi

Berita Terkait: