Pantau Flash
Fakhri Husaini Bantah Pamit dari Timnas U-19
Bom Mobil Terjang Demonstrasi Anti Pemerintah di Irak, 4 Orang Tewas
Menangi Perang Saudara, Ginting ke Final Hong Kong Open 2019
Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2019: Quartararo Kalahkan Marquez
Polda Sumut Tetap 18 Tersangka dalam Serangan Bomber di Polrestabes Medan

Teknologi Merupakan Salah Satu Cara untuk Bekerja Lebih Efisien, atau...

Teknologi Merupakan Salah Satu Cara untuk Bekerja Lebih Efisien, atau... Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar (Foto: Instagram/Arcandra Tahar)

Pantau.com - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) harus mempunyai core value (nilai utama) yang jelas, dan semua unit di lingkungan Kementerian ESDM harus mempunyai core value yang sama sehingga tercipta sinergi dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Core value Kementerian ESDM, menurut Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, harus bisa diwujudkan bukan hanya dihafalkan.

"Visi Kementerian ESDM itu ada dua, satu core value atau core ideology, kedua envisioned future (yang akan diwujudkan). Unit-unit dilingkungan Kementerian ESDM harus mempunyai visi yang sama yang harus dapat diwujudkan, bukan hanya diingat dan dihafalkan, yaitu jujur, professional, melayani, inovatif dan berarti," ujar Arcandra saat menjadi pembicara pada Motivation Talk kepada pegawai Pusat Pengembangan Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM) Geominerba dan PPSDM Aparatur di Bandung, Jumat (20/9/2019).

Baca juga: 11 Tahun 'Numpang', Warga Ini Girang Dapat Sambungan Listrik Gratis

Arcandra menambahkan, pemanfaatan teknologi di lembaga pemerintah merupakan salah satu cara untuk dapat bekerja secara efisien sesuai dengan zamannya.

"Melayani bukan minta dilayani, dan memberikan benefit bagi kedua belah pihak. Kita juga harus berani melakukan inovasi karena itu inovasi harus menjadi core value di setiap organisasi," ungkapnya.

Menurut Arcandra, untuk menjadi bangsa yang inovatif, peran regulator sangat penting, seperti yang dilakukan Amerika Serikat yang membuka lebar-lebar bagi setiap manusia unggulan terbaik dari seluruh dunia berkarya di Amerika.

Baca juga: Buka Lowongan 30.000 Karyawan, Pelamar di Amazon Lebih Dari 200 Ribu

"Kebijakan Pemerintah memegang peranan sangat penting, seperti kebijakan yang dilakukan di Amerika yang membolehkan orang-orang terbaik dari seluruh dunia untuk berkarya. Steve Job dan Mark Zuckerberk, merupakan imigran yang berkontribusi besar bagi Amerika dan Dunia," jelas Arcandra.

Arcandra juga kembali mengingatkan bahwa kunci untuk meraih kesuksesan adalah dengan menerapkan disiplin untuk tiga hal yakni, discipline people, discipline thought dan discipline action.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: