Forgot Password Register

Telkomsel Luncurkan Kasir Digital untuk Dongkrak Digitalisasi UKM

Telkomsel meresmikan produk Kasir Digital atau T-Kiosk. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika) Telkomsel meresmikan produk Kasir Digital atau T-Kiosk. (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Telkomsel meresmikan produk Kasir Digital atau T-Kiosk, sebuah layanan aplikasi Electronic Data Capture (EDC) berbasis android yang multi-fungsi.

Teknologi yang dihadirkan dalam bentuk mesin Electronic Data Capture (EDC) ditargetkan untuk Digitalisasi Segmen Usaha Kecil dan Menengah (Small Medium Enterprise/SME).

Produk ini merupakan kolaborasi Telkomsel dengan PT Distribusi Voucher Nusantara (DIVA), anak usaha PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS).

Dengan mesin EDC yang pada umumnya hanya berfungsi sebagai terminal pembayaran-- Komisaris Utama DIVA dan Direktur Utama MCAS, Martin Suharlie mengatakan aplikasi T-Kiosk memiliki banyak fungsi antara lain, melakukan distribusi produk digital, update produk, laporan penjualan, laporan keuangan, dan lainnya.

"Pertama pembayaran dengan credit card, kedua dengan debit card, ketiga dengan NFC (transaksi e-money), keempat bisa top-up e-toll, kelima dengan QR Code, ada kamera untuk IQYC banking, keenam ada POS System sehingga bisa digunakan SME untuk transaksi penjualan," ujarnya saat ditemui usai peluncuran di Graha Merah Putih, GraPARI Telkomsel Group, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Lebih lanjut kata dia, para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bisa melakukan sewa langsung ke Telkomsel dengan biaya hanya Rp 100 ribu perbulan mendapatkan satu mesin EDC dengan aplikasi T-Kiosk dan Kuota Internet.

"Itu jenis sewa sistem dan sewa hardware serta 2 gb untuk kuota ke Telkomsel, Rp100 ribu sudah termasuk mesin," katanya.

Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, EDC ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM untuk penyediaan fasilitas EDC dengan harga yang terjangkau. Selian itu kata dia mesin ini juga bisa menerima berbagai metode pembayaran.

"Produk ini sangat bagus lahir dalam negeri developer lokal Indonesia harganya murah. Tadinya mahal tapi karena dibuat lokal jadi sangat murah," katanya.

"Mesin EDC dengan print struk Android, bisa cash, bisa tcash, bisa e-money bisa juga debit, juga kredit, sehingga bisa disolusikan disini," imbuhnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More