Forgot Password Register

Tepati Janji dengan Trump, Kim Jong Un Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Korut

Tepati Janji dengan Trump, Kim Jong Un Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir Korut Kim Jong Un dan Donald Trump. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Korea Utara telah mulai membongkar satu-satunya tempat uji nuklir negara pimpinan Kim Jong Un  itu. 

Dikutip Pantau.com dari The Guardian, Selasa (15/5/2018), hal ini tentu sebagai bentuk janji dari Kim terhadap Donald Trump jelang pertemuannya pada 12 Juni mendatang di Singapura. 

Situs Punggye-ri di timur laut negara itu digunakan untuk semua enam percobaan nuklir Utara dan terletak jauh di dalam pegunungan.

Baca juga: Melania Trump Jalani Operasi Angkat Benjolan Lunak di Ginjalnya

Kim berjanji untuk menutup kompleks setelah pertemuan bersejarah dengan presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, dan mengatakan Korea Utara tidak lagi membutuhkan situs itu. Ada laporan situs itu telah runtuh dan tidak dapat digunakan, tetapi Kim sendiri dilaporkan menolak klaim tersebut.

Peta ujicoba nuklir Korea Utara. (Foto: The Guardian)

"Kami memiliki dua terowongan yang lebih besar dari yang ada dan bahwa mereka dalam kondisi baik," kata Kim.

Baca juga: Bentrokan di Jalur Gaza Semakin Panas, 55 Warga Palestina Tewas

Rencana Korea Utara untuk menutup situs itu telah disambut baik oleh Amerika Serikat dan Korea Selatan serta Sekretaris Jenderal PBB.

"Pembongkaran uji coba nuklir akan dilakukan. Menghapus semua fasilitas observasi, lembaga penelitian dan struktur unit penjaga di lapangan," bunyi pernyataan Kementerian Kemanan Korea Utara yang disampaikan Kantor Berita Pusat Korea.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More