Forgot Password Register

Terjamin Seumur Hidup, Yuk Lakukan Vaksin Demi Cegah Kanker Serviks

Terjamin Seumur Hidup, Yuk Lakukan Vaksin Demi Cegah Kanker Serviks Ilustrasi vaksin. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Dalam dunia kedokteran belum ada pengobatan pasti untuk mengobati kanker, termasuk kanker serviks yang telah menyebabkan 50 wanita Indonesia setiap harinya meregang nyawa di 2018.

Vaksin jadi salah satu solusi terbaik mencegah datangnya kanker serviks. Vaksin ini mencegah virus HPV yang terinfeksi untuk tidak masuk lebih jauh ke dalam tubuh, termasuk rahim. Langkah tersebut jadi metode utama pencegahan kanker serviks.

"(Virus HPV) walau pakai sekalipun alkohol (untuk membersihkan), enggak akan mati. Pakai antiseptik yang keras pun hanya membuatnya tidak aktif saja, tapi virus tetap hidup," ujar Prof.Dr. Andrijono SpOG(K) dari Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) di Gondangdia, Jakarta Pusat, Rabu (13/2/2019).

Baca juga: Apakah Vaksin HPV Bisa Mencegah Kanker Serviks?

Ada tiga fase saat vaksin diterapkan, yakni untuk anak usia 9 hingga 14 tahun dengan kadar dua kali vaksin, dewasa 18 hingga 45 tahun dengan kadar tiga kali vaksin.

Bagi yang ingin divaksin tetapi telah melakukan hubungan seksual, Prof.Andrijono menyarankan untuk dilakukan 'skrining' atau pemeriksaan virus HPV terlebih dahulu dalam darah atau DNA, untuk melihat apakah terinfeksi atau tidak.

"Kalau belum menikah enggak usah diperiksa lagi, langsung divaksin saja. Masih nona langsung vaksin saja. Kita anggap (jadi) risiko kanker serviks kalau dia sudah melakukan hubungan seksual," jelasnya.

Mengapa tidak perlu di-'skrining' bagi yang belum berhubungan intim? Ini karena proses 'skrining' sendiri dapat merusak selaput dara wanita. Metodenya dilakukan dengan memasukkan alat ke vagina.

Sedangkan untuk harga, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Propinsi DKI Jakarta, Dr. Venita mengatakan pihaknya menghargai satu suntikan Rp750 ribu. Menurutnya, harga ini jauh lebih murah dibandingkan rumah sakit lain. 

"Bukan karena vaksinnya KW atau palsu, tapi kita memang punya relasi langsung, dan ini sebagai kegiatan sosial," papar Venita.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Vaksin ini bisa menahan virus HPV dengan tipe 16 dan 18 yang dianggap paling ganas dan jadi penyebab besar kanker serviks. Meski menurut Prof. Andrijono setidaknya ada 9 tipe HPV penyebab kanker serviks.

"Tapi tipe lainnya selain tipe 16 dan 18, saya sebutnya banci karena dia harus bersatu dengan tipe lainnya agar efeknya menyebabkan kanker serviks," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More