Forgot Password Register

Terpilih sebagai Ketua LDP Secara Beruntun, Abe akan Jadi PM Terlama di Jepang

PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: Reuters/Toru Hanai) PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: Reuters/Toru Hanai)

Pantau.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, menang untuk ketiga kali secara berturut-turut sebagai ketua Partai Demokrat Liberal (LDP) berkuasa, Kamis (20/9/2018).

Kemenangan itu akan memberinya kesempatan menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terlama di Jepang pascaperang.

Abe menang atas Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba. Dalam pemilihan diikuti dua calon itu, Abe meraup 553 dukungan dari 810 suara sementara Ishiba mendapatkan 254 suara dukungan.

Baca juga: 22 Dakwaan Pencucian Uang akan Digunakan untuk Menjerat Najib Razak

Abe, yang pada Jumat akan berusia 64 tahun, sempat mundur pada tahun 2007 sebagai ketua partai LDP dan perdana menteri dengan alasan punya masalah kesehatan.

Ia kembali menjadi perdana menteri pada 2012 setelah LDP mendepak Partai Demokratik Jepang, yang sekarang sudah mati. Ia terpilih kembali tanpa perlawanan pada 2015 untuk periode kedua masa jabatan tiga tahun.

Masa tugasnya ketiga kali berturut-turut sebagai ketua LDP akan berakhir pada September 2021.

Baca juga: Ini Alasan Turki Tahan 24 Pekerja Bandara Istanbul

LDP dan mitra koalisinya, Komeito, menguasai kursi mayoritas di kedua kamar parlemen nasional. Itu berarti Abe memenangi kesempatan menjabat sebagai perdana menteri untuk masa tiga tahun berikutnya.

Kemenangan pada Kamis juga akan memberi Abe kesempatan mewujudkan mimpi lamanya, yaitu meninjau kembali Undang-undang Dasar Jepang yang cinta damai untuk pertama kalinya sejak UU itu diberlakukan.

Abe pada bulan lalu mengatakan bahwa partai berkuasa itu berencana menyodorkan rancangan undang-undang untuk mengubah undang-undang dasar dalam sidang luar biasa pada musim gugur ini.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More