Pantau Flash
Indonesia Masih Kalah dari Thailand dan Vietnam Soal Produksi Mobil Listrik
33 Orang Dieksekusi Cambuk di Aceh, Ada yang Dihukum 100 Kali karena Zina
Miliki Strategi Pengembangan SDM, Pupuk Indonesia Raih Penghargaan
Pencopotan Dirut Garuda Tak Pengaruhi Angkutan Natal dan Tahun Baru
Kalahkan Laos 4-0, Timnas U-22 Indonesia Lolos ke Semifinal

Tilang Elektronik Menurun saat Pemadaman Listrik di Jakarta

Tilang Elektronik Menurun saat Pemadaman Listrik di Jakarta Kamera CCTV untuk memantau pengendara di Thamrin (Foto: Antara/Nova Wahyudi)

Pantau.com - Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat jumlah tindak pelanggaran (tilang) elektronik menurun saat listrik padam massal dibanding sebelumnya.

"Memang e-TLE berkurang karena listrik padam," kata Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi M Nasir di Jakarta, Senin.

Nasir menyebutkan jumlah total tilang elektronik selama listrik padam secara massal pada Minggu 4 Agustus 2019, mencapai 169 kasus yang terkonfirmasi.

Baca juga: Ini Wilayah Jakarta-Tangerang yang Terkena Pemadaman Bergilir Hari Ini

Dari 169 surat tilang elektronik yang terkonfirmasi terkirim kepada pengguna kendaraan terdiri dari pelanggaran rambu marka sebanyak 119 kasus dan 50 pelanggaran sabuk pengaman.

Berdasarkan informasi, petugas mengkonfirmasi jumlah rata-rata tilang elektronik per hari mencapai 250-300 pelanggaran.

Sebelumnya, petugas telah menerapkan kamera pemantau untuk mengawasi pengendara yang melanggar sejak November 2018 di sekitar Patung Kuda dan perempatan Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Baca juga: Polisi Beberkan Fungsi Lain dari Kamera Tilang Elektronik, Apa Saja?

Selanjutnya, Polda Metro Jaya menambah 12 kamera tersembunyi guna memantau pelanggaran yang dilakukan pengendara di sepanjang Jalan Bundaran Senayan-Jalan MH Thamrin sejak 1 Juli 2019.

Kamera tersebut mendeteksi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas seperti penggunaan sabuk pengaman, penggunaan telepon seluler, batas kecepatan, dan plat nomor ganjil-genap.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Nasional

Berita Terkait: