Pantau Flash
Tim Panahan Fokus Olimpiade 2020 Tokyo Seusai SEA Games 2019
Kemendikbud Sebut UN Akan Diganti Sistem Penalaran
88 Proyek Strategis Nasional Bernilai Rp421,1 Triliun Selesai Akhir 2019
Herry IP: Wahyu/Ade Tidak Jauh Berbeda dengan Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra
Dipermak Vietnam 0-3, Timnas U-22 Indonesia Gagal Raih Emas

TKN Sebut Menteri Muda di Kabinet Jokowi Jilid II Bisa dari Non Partai

TKN Sebut Menteri Muda di Kabinet Jokowi Jilid II Bisa dari Non Partai Presiden terpilih Joko Widodo dan Wakil Presiden terpilih Ma\\\'ruf Amin. (Foto: Antara)

Pantau.com - Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga menilai menteri muda kabinet Pemerintahan Jokowi periode kedua tidak terbatas kepada kader partai politik.

"Tidak terbatas pada partai, yang ada (saat ini) malah non partai," kata Arya di Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Pernyataan Arya menyangkut keinginan Jokowi untuk merekrut figur-figur muda untuk menjadi menteri dalam kabinet mendatang.

Baca juga: Jokowi Beri Bocoran Calon Menteri di Kabinet 2019-2024

Arya mengatakan partai politik tentu akan mengusulkan nama-nama kadernya untuk masuk kabinet. Namun pada akhirnya Presiden Jokowi akan menentukan melalui hak prerogratifnya.

Yang jelas, kata Arya menteri muda itu nantinya harus memiliki kemampuan manajerial teknis yang baik, serta mampu berhubungan dengan program yang berkaitan dengan milenial.

"Yang pasti Pak Jokowi akan mencari figur yang enerjik, bisa mengeksekusi dengan cepat," ujar Arya.

Menurut Arya, kategori menteri muda bisa saja dari sisi usia mencapai 40 tahun. Selama kapasitas dan kompetensinya baik, serta enerjik dan dapat bekerja cepat, maka bisa dipertimbangkan oleh Presiden untuk masuk kabinet.

Baca juga: Ini Kata Megawati Soal Hak Prerogatif Jokowi Tentukan Kursi Menteri

Sebelumnya, Presiden terpilih Joko Widodo memberikan bocoran komposisi kabinet dan meminta kalangan partai politik mengajukan profesional muda sebagai kader yang akan menempati posisi menteri pada periode 2019-2024.

"Saya minta dari partai juga ada yang muda, ada dari profesional juga," kata Presiden Jokowi usai membuka pameran Karya Kreatif Indonesia 2019 di Jakarta Convention Center, Jumat.

Presiden Jokowi menyebutkan kalau tidak ada dari partai, ia akan mencari sendiri tokoh muda dari kalangan profesional."Profesional muda, kan banyak banget profesional-profesional muda," katanya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Nasional

Berita Terkait: