Pantau Flash
Vettel Akui Mercedes Begitu Sempurna Musim Ini
MPR Pastikan Megawati dan SBY Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
KontraS Nilai Hukuman Mati Sudah Tak Relevan di Indonesia
Anies Baswedan Klaim Rumah DP Rp0 Laris Manis
Dibenamkan Vietnam 1-3, Suporter Indonesia Lakukan Unjuk Rasa

Trump Kirim Pasukan AS ke Polandia, Rusia Siap Pasang Badan

Trump Kirim Pasukan AS ke Polandia, Rusia Siap Pasang Badan Tentara Rusia dalam Parade Militer dalam peringatan Armada Baltik Rusia di Baltiysk, Rusia. (Foto: Reuters/Vitaly Nevar)

Pantau.com - Rusia akan memperkuat pasukannya di negara bagian barat yang berbatasan dengan Polandia sebagai respon terhadap Amerika Serikat dalam mengirim pasukannya ke Warsawa, demikian pernyataan Wakil Ketua Majelis Tinggi Urusan Luar Negeri Rusia Vladimir Dzhabarov pada Senin, 17 Juni 2019.

Ia menekankan bahwa Rusia akan membalas semua tindakan jika terdapat serangan dari wilayah Polandia.

"Polandia tampaknya tak memahami hal ini. Mungkin, ia ingin menjadi pangkalan militer seseorang. Sementara itu, penyebaran pasukan AS tidak akan berkontribusi apapun terhadap keamanan di Polandia," kata Dzhabarov, seperti dilansir Sputnik, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Trump Siap Kirim 1.000 Pasukan AS ke Polandia, Ada Apa?

Langkah itu datang usai Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak mengumumkan bahwa Warsawa akan menempatkan enam lokasi untuk pasukan Amerika Serikat, terutama di perbatasan timur negara itu.

"Sebagai bagian dari perjanjian, kami memutuskan bahwa akan ada enam lokasi di Polandia untuk penempatan pasukan," kata Blaszczak kepada radio Polandia. Ia menambahkan, lokasi tersebut akan ditentukan sesuai dengan pengaturan bilateral.

"Kami (Polandia) akan terlibat dalam pengambilan keputusan. Hal ini penting untuk memperkuat sisi timur NATO, dan sayap timur negara kita, dalam rangka menghalangi kemungkinan adanya serangan," tambahnya.

Baca juga: Polandia Berencana Ganti Pesawat Tempur Era Soviet dengan F-35 AS

Sebelumnya, pada 13 Juni, Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjanji kepada Presiden Polandia Andrzej Duda akan mengerahkan 1.000 pasukan AS ke Polandia. Hal itu merupakan langkah yang dibutuhkan Polandia untuk mencegah potensi agresi dari Rusia.

Duda tengah mempertimbangkan pengerahan pasukan oleh Presiden AS itu sebagai 'Frot Trump', dan mengatakan masuknya pasukan baru sangat diperlukan, mengingat agresi masa lalu oleh Moskow terhadap Polandia, serta menegaskan ikatannya ke negara Barat.

"Rusia sedang menunjukkan wajah Kekaisaran yang tidak baik dan tidak ramah. Rusia selalu melihat keluar untuk mengambil wilayah kami," kata Duda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: