Pantau Flash
Seluruh Wartawan Istana Negara Selamat dalam Tragedi Kapal Tenggelam
Kapal yang Ditumpangi Wartawan Istana Negara Tenggelam di Labuan Bajo
IMF: Lesunya Ekspor, Ekonomi Indonesia Miliki Beban di 2020
Awak Kabin Garuda Harapkan Direktur Safety Kembali Diadakan
PPP Sebut Putusan Hakim Tegaskan Romahurmuziy Tak Terima Suap

Trump Klaim Razia Senyap Buru Imigran untuk Dideportasi Berjalan Sempurna

Trump Klaim Razia Senyap Buru Imigran untuk Dideportasi Berjalan Sempurna Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan penggerebekan sepanjang akhir pekan lalu, untuk menangkapi para imigran yang harus dideportasi, berjalan dengan sangat sukses.

"Razia yang dilancarkan oleh ICE (Badan Imigrasi dan Bea Cukai) sangat sukses," kata Trump kepada para wartawan dalam sebuah acara di Gedung Putih, Senin 15 Juli 2019 waktu setempat.

"Orang-orang datang ke negara kita secara ilegal... Banyak di antaranya adalah penjahat. Banyak yang dihukum karena melakukan kejahatan," kata presiden AS itu.

Baca juga: Rouhani pada Trump: Tinggalkan Intimidasi, Gunakan Logika!

Trump sebelumnya mengumumkan janji untuk melancarkan tindakan pendeportasian massal selama akhir pekan.

Pengumuman Trump itu membuat kalangan imigran dan para pembela mereka bersiap-siap menghadapi penangkapan besar-besaran.

Namun hingga Minggu petang, hanya ada laporan soal operasi tak mencolok yang berlangsung di beberapa kota. "Banyak, banyak yang ditangkap hari Minggu, kalian tidak tahu saja soal ini... Semua orang yang ditangkap punya dokumen dan kami juga punya surat perintah dari pengadilan," kata Trump tanpa memberikan bukti apa pun untuk mendukung pernyataannya itu.

Baca juga: Redam Gejolak Timteng, Macron Satu Meja dengan Rouhani, Trump, dan Putin

Operasi pengusiran para imigran tersebut ditujukan untuk mencegah gelombang kedatangan keluarga dari negara-negara kawasan Amerika Tengah.

Mereka ingin mencari suaka di Amerika Serikat dan pergi untuk menghindar dari kemiskinan serta kekerasan komplotan-komplotan di tanah air mereka.

Pemerintahan Trump pada Senin mengatakan pihaknya sedang menerapkan aturan baru bagi para imigran pencari suaka, yaitu dengan mengharuskan mereka terlebih dulu mencari perlindungan dari negara ketiga.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Internasional

Berita Terkait: