Forgot Password Register

Usung Teknologi QR Code, Sedekah ke Baznas Bisa Pakai Go-Pay

Usung Teknologi QR Code, Sedekah ke Baznas Bisa Pakai Go-Pay Sedekah dengan Go-Pay (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Go-Pay meluncurkan program sedekah dan zakat non tunai melalui kode QR (QR code) yang terdapat dalam aplikasi Gojek.

Deputi Baznas, Arifin Purwakananta mengatakan pelaksanaan sedekah melalui QR code ini merupakan inovasi pertama dalam dunia Islam.

"Untuk beberapa donasi (umum) sudah digunakan, tapi khususnya sedekah dan zakat saya kira ini bagian pertama di dunia. Di dunia Islam belum dikembangkan sedekah zakat melalui QR code," ujarnya saat ditemui di Wisma Sirca, Baznas, Jakarta Pusat, Rabu (16/5/2018).

Baca juga: Gojek Ubah Desain Jaket dan Helm, Begini Penampakannya

Ia menilai teknologi QR code ini sah-sah saja digunakan untuk metode pembayaran sedekah dan zakat. 

"Tidak sama sekali (menyalahi), kan pengguna menyimpan hartanya di handphone dalam bentuk saldo dia bersedekah dengan itu. Itu dampaknya orangnya jadi lebih mudah berbuat baik dan menyumbang," ungkapnya.

Penggunaan teknologi QR code ini dianggap akan memudahkan masyarakat yang ingin bersedekah karena dinilai cepat dan dinilai akan lebih transparan.

Baca juga: Facebook Tegas 'Bantai' Akun-akun Terorisme dan Kekerasan

"Kami melihat dengan metode ini, tidak hanya memudahkan masyarakat tetapi juga sedekah akan tercatat dalam sistem kami sehingga menjadi lebih transparan, ini termasuk upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," paparnya.

Pihaknya berharap inovasi sedekah dan zakat dengan teknologi ini dapat diikuti oleh negara-negara lain di dunia. Terutama inovasi penggunaan teknologi terkini untuk kebutuhan beribadah salah satunya bersedekah.

"Kerjasama yang kita develop sendiri ini, kerjasama mengawali donasi (sedekah/zakat) pertama kali dengan QR code, saya harap dunia mengikuti kita," paparnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More