Pantau Flash
Menteri PUPR: Proyek Tol JORR II Rampung 2020
Jokowi Akan Undang Kapolri Senin Pekan Depan Tanya Kasus Novel
Menteri Tjahjo Ingin ASN Tetap Kerja 5 Hari dalam Seminggu
Basuki Akui Pembangunan Tol Kunciran-Serpong Sempat Terhenti 10 Tahun
Erick Thohir: Kasus Motor Harley Davidson Termasuk Kriminal

Waspada! Ini 5 Tanda Makanan Anda Penuh dengan Bakteri

Waspada! Ini 5 Tanda Makanan Anda Penuh dengan Bakteri Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Sebagian dari kita mungkin cenderung makan makanan yang segar atau baru dimasak. Tapi terkadang, kita menyimpannya di lemari es untuk agar makanan tahan lama dan bisa dikonsumsi di kemudian hari.

Tetapi masalahnya adalah semua makanan yang disimpan secara bertahap dapat berubah menjadi tempat berkembang biak bagi mikroorganisme.

Dilansir Boldsky, bakteri, jamur, dan ragi dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Jangan khawatir karena Anda bisa mengenali tanda-tanda pada makanan ini, yang seharusnya tak dikonsumsi lagi karena kelamaan disimpan.

Baca juga: 5 Tempat Tak Terduga yang Ternyata Jadi Sarang Kuman

1. Roti

Ilustrasi (Pixabay)

Ketika Anda melihat jamur pada area roti tertentu, Anda mungkin merasa ingin memotong area tersebut dan memakan sisanya. Tetapi lebih aman untuk membuang seluruh roti jika melihat jamur pada bagian-bagiannya. Bahkan, jika ada area kecil pertumbuhan jamur di permukaan eksternal, itu bisa berarti bahwa secara internal banyak mikroorganisme berkembang biak.

2. Makanan basah

Ilustrasi (Pixabay)

Kadang-kadang, ketika Anda dengan sembarangan mengemas kotak makan siang, uap air yang terkunci di dalam kotak itu bisa membuat makanan berbau tidak enak. Lebih baik tidak memakannya.

3. Makanan sisa

Ilustrasi (Pixabay)

Beberapa orang suka menyimpan sisa makanan di lemari es selama berhari-hari bersama dan memakannya di kemudian hari. Ini sebenarnya bukan praktik yang sehat karena tidak semua makanan dapat menahan bakteri dan pertumbuhan jamur.

Baca juga: Hati-hati, Bakteri dalam Mulut Bisa Sebabkan Kanker Lho!

4. Keju

Ilustrasi (Pixabay)

Hal yang sama berlaku untuk keju. Ketika ada pertumbuhan jamur, lebih baik membuangnya. Juga, jangan menyimpan keju terlalu lama di lemari es. Kita cenderung berpikir bahwa barang-barang di lemari es tidak pernah rusak, tetapi itu salah.

5. Telur

Ilustrasi (Pixabay)

Jika telur yang Anda beli datang dengan tanggal, maka gunakan sebelum 4 minggu. Jika tidak, Anda dapat menguji telur dengan menaruhnya dalam cangkir air. Jika mengapung, ia rusak dan Anda harus membuangnya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: