
Pantau.com - BPJS Kesehatan senantiasa berinovasi demi kemudahan untuk mengakses layanan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Adanya wabah pandemi virus COVID-19 mengharuskan masyarakat untuk melaksanakan physical distancing sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran virus. Maka, BPJS Kesehatan menawarkan beberapa sistem pelayanan informasi yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS dengan mudah tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.
Baca juga: Dikabarkan Raup Laba, BPJS Kesehatan: Kami Menganut Prinsip Nirlaba
Jika selama ini peserta JKN-KIS bisa memanfaatkan fitur yang ada di aplikasi Mobile JKN atau dengan melakukan panggilan langsung melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, kini peserta JKN-KIS diberikan tambahan saluran informasi dengan mengaksesnya melalui CHIKA yang merupakan singkatan dari Chat Assistant JKN.
CHIKA merupakan pelayanan informasi melalui obrolan (chatting) robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (artificial Intelegent) yang menirukan percakapan manusia melalui pesan suara, obrolan teks ataupun keduanya.
Peserta BPJS Kesehatan, Uci. (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)
Uci Sherly Rimadanti, merupakan seorang peserta JKN-KIS dari sektor Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) merasakan manfaat dari aplikasi CHIKA.
“Kemarin ada teman yang menyarankan untuk menggunakan metode obrolan di aplikasi WhatsApp ini. Sudah dicoba dan cara penggunaanya juga gampang sekali. Benar-benar praktis. Hanya bermodalkan fitur chatting WhatsApp banyak menu yang bisa kita gunakan,” ujarnya seperti dinukil dari laman resmi BPJS Kesehatan.
Ia menambahkan, CHIKA dapat memberikan informasi terkait status kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan Program JKN-KIS, prosedur pendaftaran peserta Program JKN-KIS.
Baca juga: Cara Mudah Dapatkan Obat Menggunakan Apotek Online BPJS
Selain itu ada pula menu prosedur dan ketentuan perubahan data peserta, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, lokasi kantor BPJS Kesehatan dan juga penanganan pengaduan.
“Sudah dipakai untuk cek tagihan, karena memang saya kadang lupa apakah sudah dibayar atau belum tagihannya bulan ini. Praktis sekali menggunakannya hanya tinggal kirim pesan saja kemudian bot nanti akan memberi instruksi untuk kita ikuti,” ujarnya.
CHIKA bisa diakses melalui chatting ke nomor 08118750400 melalui aplikasi WhatsApp dan Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) atau melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan.
- Penulis :
- Tatang Adhiwidharta