Pantau Flash
98 Orang di Secapa AD yang Dinyatakan Positif Ternyata Negatif COVID-19
Kantor DPRD Jateng Ditutup Selama 3 hari
Erick Thohir Gandeng IFC, Direksi BUMN Nggak Bisa 'Nakal' Soal GCG
Bima Arya Tegaskan Bus Bantuan di Stasiun Bogor Hanya Sementara
China Keluarkan Aturan Baru, Asian Beach Games Terancam Mundur

Hore! Insentif Listrik Diperpanjang sampai September 2020

Headline
Hore! Insentif Listrik Diperpanjang sampai September 2020 Ilustrasi Logo PLN. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Pemerintah Indonesia bakal memperpanjang pemberian insentif listrik kepada masyarakat yang kurang mampu. Langkah ini dilakukan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu di tengah pandemi virus Korona (COVID-19).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan insentif listrik akan diperpanjang hingga September mendatang. Semula pemberian insentif listrik ini hanya diberikan hingga Juni saja.

Seperti diketahui sebelumnya, tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan selama tiga bulan. Sedangkan untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA mendapatkan diskon sebesar 50% untuk jangka waktu yang sama.

Baca juga: Pemerintah Punya Utang ke PLN Rp48 Triliun


"Subsidi listrik adalah dari April sampai Juni, sekarang akan diperpanjang sampai September," ujarnya dalam telekonferensi, Senin (18/5/2020).

Dengan demikian, pemerintah memberikan insentif selama enam bulan baik bagi pelanggan 450 VA ataupun 900 VA. Perpanjangan ini artinya akan ada tambahan anggaran sebesar Rp6,9 triliun sehingga total anggaran untuk subsidi listrik masyarakat kurang mampu mencapai Rp61,69 triliun.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak, Begini Cara Komplain ke PLN


Pemberian subsidi ini sebagai salah satu upaya menjaga perekonomian masyarakat tetap berjalan. Pemerintah juga ingin mengurangi beban masyarakat tak mampu di tengah pandemi virus korona (covid-19)

"Dan sebagaimana memang ada yang 3 bulan dan sekarang pemerintah seperti subsidi listrik untuk 450 va dan 900 va," ucapnya.


Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: