Pantau Flash
Kerusuhan di Amerika Serikat Memicu Kemerosotan Harga Minyak Dunia
Pelatih Persib Pilih Liga Kembali Bergulir Ketimbang Gelar Turnamen
Kemenaker Temukan Ada 1.111 Aduan Soal THR Karyawan
Aktor Dwi Sasono Ditangkap Terkait Kasus Narkoba
Jokowi di Hari Lahir Pancasila: Hadirkan Secara Nyata di Kehidupan Bangsa

Laporan Pajak Lewat e-Filing Tinggi, Sri Mulyani: Makin Digital

Laporan Pajak Lewat e-Filing Tinggi, Sri Mulyani: Makin Digital Ilustrasi Lapor SPT pajak menggunakan e-Filing (Pantau.com/Amin H. Al Bakki)

Pantau.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengapresiasi kenaikkan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak melalui platform diigital. Hal ini kata dia terbukti dari kenaikkan laporan melalui platform online, e-Filling yang mengalami peningkatan.

"e-filing mencapai 23,68 persen pertumbuhannya, dengan demikian yang isi manual menurun 66,29 persen. Artinya masyarakat semakin digital. Itu adalah suatu hal yang sangat baik," ujarnya saat mengunjungi KPP Pratama Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019).

Baca juga: Infografis Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Online via E-Filing

Pihaknya mencatat, hingga siang tadi pukul 13.00 WIB, jumlah laporan SPT orang pribadi sudah mencapai 10.324.265 atau meningkat 9,4 persen jumlahnya. 

"Bulan ini kami banyak mempromosikan supaya masyarakat melakukan melalui e-filing dan ternyata promosi itu betul-betul bermanfaat karena perkembangan dari OP yang melakukan SPT melalui e-filing meningkat sangat besar," ungkapnya.

Baca juga: Hore! Lapor SPT Pajak Diperpanjang sampai 1 April

Sementara kata dia, yang melakukan pelaporan manual tercatat menurun tajam. Sri mengatakan kedepannya, pelaporan melalui e-filling bisa menjadi andalan. 

"Artinya sekarang masyarakat kita itu sudah semakin digital. Mereka sudah yakin mengandalkan dan bisa mempercayai untuk kewajiban SPT OP akan dilakukan melalui e-filing dan itu adalah suatu yang sangat baik," pungkasnya.

Untuk diketahui, pihaknya memproyeksikan laporan SPT Pajak tahun 2019 secara keseluruhan, sebesar 15.584.481 wajib pajak, jumlah tersebut merupakan 85 persen dari jumlah yang terdaftar sebesar 18.334.683 wajib pajak.

"Jadi kita lihat nanti sampai akhir tahun apakah target itu akan tercapai," pungkasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika

Berita Terkait: