Pantau Flash
Tidak Gunakan Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp150.000
Doni Primanto Joewono Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI
Kasus Positif COVID-19 Jadi 76.981, Nol Kasus Baru di Sembilan Provinsi
Kelly Preston Istri dari John Travolta Meninggal Dunia
Penyanyi Rap Lil Marlo Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak

Kasus Perdana! Dua Kucing Peliharaan di New York Positif COVID-19

Headline
Kasus Perdana! Dua Kucing Peliharaan di New York Positif COVID-19 Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Dua kucing di negara bagian New York dinyatakan positif terpapar virus korona. Ini menjadi kasus COVID-19 pertama pada hewan peliharaan di Amerika Seikat (AS), menurut keterangan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Dilansir Reuters, Kamis (23/4/2020), kedua hewan itu mengalami penyakit pernapasan ringan dan diharapkan bisa sembuh total. Paparan virus dipercaya berasal dari orang di dalam rumah yang tinggal bersama kedua kucing itu, atau lingkungan sekitar rumah.

Baca juga: Negera-negara Dunia Mulai Tuntut China Terkait COVID-19

CDC menyebut, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan berperan dalam penularan virus korona di AS, sehingga pemilik tidak direkomendasikan untuk melakukan tes korona rutin pada peliharaannya.

Namun, CDC merekomendasikan para pemilik untuk tidak membiarkan peliharaannya berinteraksi dengan orang atau hewan lain di luar rumah.

Baca juga: WHO Tegaskan Virus Korona Berasal dari Hewan Bukan Manipulasi Lab

Ia menyarankan agar kucing berada di dalam rumah saja sementara anjing yang diajak berjalan rutin harus dipakaikan rantai dan dijaga jaraknya sejauh dua meter dari orang atau hewan lain.

Sebelumnya, sebuah studi menunjukkan bahwa kucing bisa terjangkit virus korona, namun anjing tampaknya tidak rentan terhadap virius ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan akan mengkaji lebih lanjut mengenai kemungkinan penularan virus antara manusia dan hewan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: