Pantau Flash
Percepat Ekspor-Impor, Mendag Dorong Ekosistem Logistik Nasional
Mabes Polri Larang Seluruh Kegiatan Keramaian di Tingkat Wilayah
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra
PSBB Ketat Jakarta Kembali Diperpanjang 14 Hari
Kasus Positif COVID-19 di RI Capai 262.022, Jumlah Meninggal Dunia 10.105

NASA Temukan Bukti Kehidupan Asing di Planet Venus

NASA Temukan Bukti Kehidupan Asing di Planet Venus Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - NASA akan melakukan eksplorasi ke planet Venus usai tim penelitinya menemukan adanya kemungkinan kehidupan asing berupa mikroba yang berada di atas awan planet yang kerap disebut bintang fajar. 

Peneliti menemukan senyawa kimia fosfin yang memicu spekulasi bahwa ada mikroorganisme asing hidup di planet itu. Temuan ini menjadi bukti potensial yang kuat tentang adanya kehidupan di luar Bumi.

Baca juga: NASA Temukan Banyak Air di Planet Jupiter, Apa Bisa Dihuni Manusia?

Dilansir ABC News, Kamis (17/9/2020), NASA telah mempertimbangkan beberapa misi untuk mengamati Venus lebih dekat. Lewat Discovery Program, badan antariksa AS tersebut sedang mempertimbangkan dua misi yang bertujuan untuk meneliti atmosfer dan permukaan Venus.

Salah satu misi itu disebut DAVINCI+, yang akan mengirim wahana ke atmosfer Venus.

"Davinci saat ini adalah pilihan yang logis untuk segera ditindaklanjuti dengan cara pergi ke sana dan melihat apa yang terjadi di atmosfer," ujar Astrobiologis yang bekerja pada misi DAVINCI+ David Grinspoon kepada Reuters.

Baca juga: Ilmuan NASA Rencanakan Kirim Robot ke Jupiter, Perburuan Alien?

Tiga misi lainnya meliputi, IVO yakni misi ke bulan vulkanik aktif di Jupiter; Trident, perjalanan terbang untuk memetakan bulan es di Neptunus; Triton dan VERITAS yakni misi kedua Venus dengan fokus kepada pemahaman sejarah geologi planet. 

Namun, pencarian kehidupan yang dilakukan oleh NASA di tata surya ini tidak hanya terfokus di Venus. Pada bulan Juli, NASA meluncurkan penjelajahan generasi berikutnya untuk mencari jejak potensi kehidupan masa lalu di Mars.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: