Pantau Flash
Coppa Italia Jadi Pembuka Kompetisi Sepakbola di Italia
Kemenperin Berkomitmen Kawal Investasi di Indonesia
Nissan Pastikan Tutup Pabrik di Indonesia
Pemerintah Segera Terbitkan Protokol Latihan dan Kompetisi Olahraga
Dinkes Jakpus Pendatang Tanpa SIKM Harus Tes Swab Biaya Sendiri

Terungkap! Putin Pernah Ditawarkan Tubuh Ganda untuk Tampil di Publik

Headline
Terungkap! Putin Pernah Ditawarkan Tubuh Ganda untuk Tampil di Publik Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Reuters/Evgenia Novozhenina)

Pantau.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui dirinya ditawarkan kesempatan untuk menggunakan badan ganda untuk tampil di depan umum karena alasan keamanan. Tetapi ia menolak tawaran itu dan tidak pernah menggunakannya.

Dilansir Reuters, Jumat (28/2/2020), Putin yang telah mendominasi politik Rusia selama lebih dari dua dekade, telah lama menjadi subjek teori konspirasi di Rusia yang tidak mendasar. Salah satunya adalah bahwa ia menggunakan tubuh ganda atau bahkan pasukan kecil di antara mereka.

Bahkan salah satu teori konspirasi lainnya membanding-bandingkan foto Putin selama bertahun-tahun, dan mengklaim telah mengidentifikasi sejumlah individu berbeda yang menyamar sebagai Putin.

Baca juga: Ketika Cangkir Pribadi Putin di KTT G20 Picu Spekulasi Netizen

Tetapi, selama wawancara dengan kantor berita TASS yang disiarkan pada Kamis (27/2), nama Putin masuk dalam daftar pencarian di internet yang populer. Salah satunya berjudul "bukti ganda tubuh Putin".

Ketika ditanya, "Apakah Anda nyata?" oleh pewawancara, Putin menjawab "Ya" sebelum melanjutkan untuk menyangkal bahwa ia menggunakan tampilan yang mirip di depan publik demi keselamatannya sendiri.

"Saya menolak tubuh ganda itu. Ini (tawaran) selama periode paling sulit dari perang melawan terorisme," kata Putin, seraya menambahkan ia merujuk pada awal tahun 2.000-an.

Baca juga: Wajah Vladimir Putin Jadi Tren Fashion di Rusia

Pada tahun-tahun awal masa jabatan pertama Putin sebagai presiden, Rusia berperang di wilayah mayoritas Muslim selatan Chechnya dan Putin sering menjadi sasaran serangan oleh kelompok-kelompok militan Islam.

Putin mengatakan dalam wawancara yang sama bahwa ia tidak menggunakan ponsel. Ia mengakui memiliki akses ke telepon resmi khusus, yang dapat terhubung dengan nomor yang ia ingin hubungi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: