Pantau Flash
Sah! Pilkada Serentak 2020 Tetap Digelar 9 Desember 2020
Peringatan Banjir Warga Jakarta! Bendungan Katulampa Bogor Siaga I
30 Hotel di DKI Jakarta Siap Digunakan untuk Isolasi Pasien COVID-19 OTG
Positif COVID-19 di Indonesia Pecah Rekor (Lagi), Tambah 4.176 Kasus
Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2020 Tidak akan Ditunda

Antisipasi Korona, MRT Cek Suhu Tubuh Penumpang Mulai Hari Ini

Antisipasi Korona, MRT Cek Suhu Tubuh Penumpang Mulai Hari Ini MRT Jakarta. (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadilah)

Pantau.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) mulai memberlakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang dalam rangka mencegah wabah virus korona.

"Sekarang sudah dimulai pengecekan suhu (badan) di Stasiun Lebak Bulus," ujar Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu (4/3/2020).

PT MRT Jakarta akan memeriksa suhu badan semua penumpang di setiap area pintu masuk stasiun dan melarang masuk penumpang yang mengalami gejala demam tinggi.

Baca juga: Cegah Penyebaran Korona, Warga yang Demam Dilarang Naik MRT

"Pemeriksaan suhu tersebut akan dilakukan di setiap area pintu masuk stasiun. Bagi penumpang yang menunjukkan gejala demam tinggi tidak diperbolehkan masuk ke area stasiun MRT Jakarta," katanya.

MRT Jakarta secara paralel menerbitkan peraturan direksi khusus untuk penguatan langkah-langkah dan prosedur penanganan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Selain itu, MRT Jakarta telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI, dalam pertemuan antara Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT dengan Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta pada tanggal 12 Februari 2020 dan koordinasi rutin setelah pertemuan tersebut.

Baca juga: Virus Korona Telah Sampai Indonesia, MRT Buat Sejumlah Kebijakan

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah terkait penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pertama yang terjadi di Indonesia merupakan penularan tanpa bergejala.

Yurianto dalam keterangan kepada wartawan di Kementerian Kesehatan Jakarta, menerangkan warga negara Jepang yang dinyatakan positif Covid-19 oleh pemerintah Malaysia tidak menunjukkan gejala sakit saat melakukan kontak dekat dengan warga Depok yang terkonfirmasi positif dan dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

Yurianto yang juga merupakan Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan menjelaskan ibu dan anak yang saat ini positif Covid-19 tinggal dalam rumah yang dihuni oleh empat orang. Terdiri dari seorang ibu, dua orang anak, dan satu asisten rumah tangga.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: