Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

Begini Ruangan Isolasi untuk Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Headline
Begini Ruangan Isolasi untuk Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan cairan disinfektan pada Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

Pantau.com - Wisma Atlet di jakarta pusat yang disulap menjadi Rumah Sakit Darurat COVID-19 akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Senin pagi, 23 Maret 2020. Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24.000 orang. Dan saat ini sudah siap menampung sekitar 3.000 pasien.

Sejumlah ruangan di Wisma Atlet saat ini juga telah dimodifikasi sebagaimana ruang perawatan. Dengan begitu pasien, dokter, paramedis, dan semuanya ditempatkan dengan manajemen ruang yang berbeda.

Setiap ruangan juga terlihat sudah dipenuli fasilitas kesehatan seperti tempat tidur pasien, alat pelindung diri (APD), tabung oksigen, hingga alat medis lainnya yang sudah siap digunakan.

Baca juga: Catat! Begini Protokol Keamanan di Sekitar Wisma Atlet Kemayoran


Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). (Foto: Antara/Galih Pradipta)


Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). (Foto: Antara/Galih Pradipta)


Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). (Foto: Antara/Galih Pradipta).

Baca juga: Resmi Jadi RS Darurat, Wisma Atlet Siap Tampung 3.000 Pasien

Selain itu, terdapat juga laboratorium dan ruang radiologi seperti ruang isolasi dari ICU hingga non ICU. Rumah sakit darurat ini nantinya diperuntukan hanya untuk menangani pasien positif terjangkit virus korona ringan. 

Perlu diketahui, menurut data terbaru per Senin (23/3/2020), jumlah kasus infeksi korona di Indonesia telah mencapai 579, dengan 49 orang meninggal dunia, dan 30 orang dinyatakan sembuh.


Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)


Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). (Foto: Antara/Kompas/Heru Sri Kumoro).

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Noor Pratiwi

Berita Terkait: