Pantau – Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gusdur) Alissa Wahid mengungkap pengalamannya terkait pelayanan petugas di bandara Soekarno-Hatta, Banten. Ia menilai pelayanan petugas di bandara menjengkelkan. Namun Alissa tidak menyebut petugas yang dimaksud.
“Tampangnya agak kecut, lalu kembalikan paspor. Silakan. Saya beberes koper yang udah dia aduk-aduk,” kata Alissa lewat akun twitter @AlissaWahid, dikutip pada Selasa (21/3/2023).
Pengalaman buruk serupa ternyata juga dialami banyak warganet. Mereka menilai petugas bersikap tidak sebagaimana mestinya alias belagu. “Perugas imigrasi emang begitu berasa yang punya airport padahal dy gak sadar dy digaji sama masyarakat tp melayani masyarakat mukanya pada asem!!!,” kata akun instagram @indriandhi** dalam unggahan akun @Lambe_turah.
“Bener kata mba Allisa.. bukan masalah dia kenalin mba Allisa atau enggak. Problemnya itu terletak pada cara si petugas berbicara dan memperlakukan orang lain (terutama pekerja migran). Kok kayak sedang berhadapan dengan kriminal sih? Woy, pekerja migran itu pahlawan devisa.. Perlakukanlah semua orang secara sopan dan baik, sama seperti dirimu sendiri ingin diperlakukan seperti apa oleh orang lain!,” kata akun @sansansian**.
“Hidup hedon dari uang meres rakyat aje pada belagu…,” kata akun @syakhriz**.
“Dear ‘BC’, kamu lagi baik-baik aja kan? Udah banyak yang keluar unek-uneknya nih. Ditunggu yg lain… eh,” kata salah satu akun.
“Sdh amburadul semua ,,perlu d benahi SDM anda..pihak @ditjen_imigrasi,” kata akun @aryaprast***.