Pantau Flash
Luhut Klaim Sektor Pariwisata Bisa Pulih dalam 10 Bulan Akibat COVID-19
Kemnaker: Ada 1,7 Pekerja Terdampak Pandemi COVID-19
Kemenkes Tegaskan Imunisasi Harus Jalan Selama Pandemi Korona
Jusuf Kalla: Fatwa MUI DKI 2001 Perbolehkan Salat Jumat 2 Gelombang
Gugus Tugas: Skema Herd Immunity Butuh Waktu yang Lama

Imam Besar Istiqlal: Insya Allah Besok Kita akan Melaksanakan Salat Id

Headline
Imam Besar Istiqlal: Insya Allah Besok Kita akan Melaksanakan Salat Id Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar. (Foto: Antara/Humas PPU)

Pantau.com - Imam Besar Masjid Istiqlal Prof KH Nasaruddin Umar meminta agar masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri atau Id di rumah untuk mencegah penularan virus COVID-19.

"Insya Allah besok kita akan melaksanakan salat Id. Saya selaku Imam Besar Masjid Istiqlal meminta masyarakat yang sering menjadi jamaah masjid untuk melaksanakan salat Id di rumah saja," ujar Nasaruddin dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Dia menambahkan mencintai masjid merupakan kegiatan yang dicintai Allah SWT, dipuji dan sangat membanggakan. Namun dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti saat ini, ada hal yang harus diingat yakni penyebaran virus COVID-19.

Baca juga: Tujuh Desa Muslim di Ambon Sudah Rayakan Idul Fitri

Ia lalu memberi contoh bagaimana Rasulullah Nabi Muhammad SAW saat di Madinah melarang sahabatnya untuk salat di masjid dikarenakan hujan deras. "Itu hanya hujan deras, tapi sekarang di luar kita 'hujan' korona. Hujan air saja, Rasulullah meminta agar tidak salat di masjid. Apalagi korona yang mematikan," jelas dia.

Oleh karena itu, dirinya ingin meyakinkan kepada umat Islam untuk tidak memaksakan kehendak melakukan kegiatan di masjid seperti salat Id. Majelis Ulama Indonesia (MUI), lanjut dia, telah mengumpulkan banyak dalil agar masyarakat salat Id di rumah. Pemerintah juga meminta agar masyarakat salat Id di rumah. "Sebagai umat Islam, sebagai warga bangsa siapa lagi yang harus diikuti selain ulama dan umaro," imbuh dia.

Sidang isbat awal Syawal 1441 Hijriah yang digelar Kementerian Agama di Jakarta, Jumat petang, menetapkan Idul Fitri jatuh pada Minggu 24 Mei 2020.

Baca juga: Ketakutan Anies Baswedan dengan Sikap Acuh Warga Jakarta Semakin Membesar

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: