Lagi, Mobil Relawan Gempa Cianjur Dicegat Warga, Minta Paksa Logistik hingga Dipalak

Headline
Warga cegat relawan yang membawa bantuan untuk korban gempa Cianjur. (Instagram)Warga cegat relawan yang membawa bantuan untuk korban gempa Cianjur. (Instagram)

Pantau – Peristiwa pengadangan kendaraan relawan yang membawa bantuan untuk korban gempa Cianjur, Jawa Barat, kembali terjadi, Kamis (24/11/2022).

Dalam rekaman video yang diunggah akun Instagram @terangmedia, tampak seorang pria menghampiri jendela mobil dan memaksa minta bantuan yang dibawa para relawan. Terlihat kedua pihak adu mulut.

“Cuma pengen satu atau dua (logistik). Seikhlasnya Pak. Terus-terusan mobil ke sana, di sini belum (dapat bantuan),” ujar pria itu memaksa.

Relawan yang mengendarai mobil tetap menolak memberikan. Dia mengatakan bahwa Badan Nasional Penanggulngan Bencana (BNPB) sedang menuju daerah tersebut untuk memberikan bantuan, sehingga diminta sabar.

Baca juga: Mobil Bawa Bantuan Korban Gempa Cianjur Diadang Warga, Relawan akan Distribusikan secara Senyap

“BNPB sekarang lagi ke sini, Pak. Tungguin dulu, sebentar. Sabar,” ucap relawan tersebut.

Relawan itu pun akhirnya memberikan uang Rp100 ribu kepada pria tersebut agar bisa tetap melanjutkan perjalanannya ke tujuan. “Nih buat jajan aja,” kata relawan.

“Nah kalau begitu mah,” kata warga lain.

Dalam unggahan @terangmedia, salah satu relawan memberikan pernyataannya bahwa selain dipalak mereka juga dijarah.

“Jadi ga cuma itu yagesya, selain dipalak, kita juga sempet di zarah. Jadi saya relawan dari jakarta selatan dan tangsel, ikut turun kelapangan bersama dede inoen. Mobil kita pick up di belakang mobil dede inoen membawa beberapa kebutuhan untuk warga di pelosok. Bukannya kita gak mau kasih, kita pingin perioritaskan yang dipelosok dulu, yang susah dijangkau orang lain.. kita juga sudah pegang data dimana yang terdampak musibah yang paling parah, dan jarang di kunjungi relawan,” ujar relawan.

Tim Pantau
Editor
Aries Setiawan
Penulis
Aries Setiawan