Pantau Flash
Erick Thohir: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terus Jalan
Warga Padang Dilarang Keluar Malam dari Pukul 22.00-06.00 WIB
Kota Tegal Resmi Karantina Wilayah
Olahraga Indonesia Fokus Menangani COVID-19
Pemprov Jabar Resmi Keluarkan Maklumat Larangan Mudik dan Piknik

4 Kondisi Rambut Ini Bisa Ungkap Tentang Kesehatanmu Lho

4 Kondisi Rambut Ini Bisa Ungkap Tentang Kesehatanmu Lho Ilustrasi rambut. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Kita semua menginginkan rambut yang indah dan berkilau. Tetapi terkadang, justru sebaliknya. Mungkin kehilangan delapan puluh hingga seratus helai rambut setiap hari adalah hal yang normal.

Namun, jika Anda mulai kehilangan rambut lebih dari jumlah ini, Anda harus memikirkannya. Bisa jadi karena beberapa penyakit, depresi atau kehamilan. Oleh karena itu, perhatikan tanda di rambut Anda yang bisa memberikan informasi tentang kesehatanmu.

Baca juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Rambut Menjadi Sulit Tumbuh

1. Rambut kering dan menipis

Ilustrasi rambut. (Foto: Shutterstock)

Dilansir Boldsky, jika Anda memiliki rambut yang kering, rapuh, dan menipis, Anda harus memeriksa makanan yang dimakan setiap hari. Jika Anda mengkonsumsi lebih banyak makanan olahan daripada makanan yang bergizi seperti biji-bijian, buah-buahan dan sayuran dan protein, Anda akhirnya akan merusak rambut Anda. 

2. Rambut tidak berkilau

Ilustrasi rambut. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda memiliki rambut lemah yang tidak memiliki kilau, itu menandakan bahwa Anda tidak makan cukup lemak. Lemak sehat yang baik sangat penting bagi tubuh kita untuk berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak makan cukup lemak, Anda tidak hanya akan memiliki rambut yang lemah tetapi juga kulit yang kusam. Cobalah untuk memasukkan lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal dalam diet Anda yang bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun, alpukat, minyak ikan, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Jenis Minyak Rambut Terbaik untuk Mencegah Rambut Rontok

3. Rambut rontok

Ilustrasi rambut rontok. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda memiliki rambut rontok dan berakhir dengan wajah berbulu, itu menandakan bahwa Anda memiliki kadar testosteron yang tinggi. Bisa juga Anda menderita sindrom ovarium polikistik.

4. Rambut kering dan kusam

Ilustrasi rambut kusam. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda memiliki rambut kering dan kusam dan merasa kelelahan, berkeringat di malam hari, dan muka memerah, Anda mungkin menderita dehidrasi. Kurangnya asupan air yang cukup dapat menyebabkan masalah ini. Jadi, pastikan untuk minum air yang cukup agar Anda tetap terhidrasi.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: