Pantau Flash
Bulog Amankan Pasokan Beras Lokal Jelang Ramadan
KPK Gagal Temukan Nurhadi saat Geledah Kantornya di Jaksel
Ojek Online Demo Tolak Revisi UU 22 Tahun 2009
Ratusan Driver Ojol Geruduk Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto-Slipi Ditutup
Bank Indonesia: Uang Beredar di Januari 2020 Meningkat 7,1 Persen

5 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi Ini Bahayakan Kesehatanmu

5 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi Ini Bahayakan Kesehatanmu Ilustrasi kebiasaan di kamar mandi. (Shutterstock)

Pantau.com - Tahukah kamu di dalam kamar mandi berisi 3,2 juta bakteri? Dan dengan kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan di kamar mandi, kamu bisa membuat semua kuman itu menyebar kemana-mana. Akibatnya mungkin akan berdampak pada masalah kesehatan, seperti berjerawat atau sakit perut.

Ada banyak kebiasaan umum yang justru salah dilakukan di kamar mandi, termasuk bermain ponsel. Dilansir dari laman Bright Side, berikut kebiasaan umum di kamar mandi yang bisa membuat masalah pada kesehatanmu.

Baca juga: Siap-siap Kena 6 Masalah Ini Ya Kalau Suka Nggak Mandi

1. Mencukur rambut di area sensitif

Ilustrasi pencukur rambut. (Pixabay)

Rambut pada area sensitif sebenarnya melindungi kamu dari bakteri asing. Jika kamu bercukur di dalam kamar mandi, ini bisa merusak jaringan kulit. 

Jika kamu ingin area sensitifmu benar-benar bersih, gunakan peralatan cukur khusus wanita. Untuk wanita, gunakan pisau cukur wanita dan krim cukur untuk kebersihan intim. Sabun bukanlah solusi yang baik, karena kulit sangat sensitif.

2. Menggunakan spons pembersih

Ilustrasi spons mandi. (Pixabay)

Menggunakan spons pembersih atau loofah baik bilang itu masih baru. Ini akan membantumu menggosok sel kulit mati. Namun biasanya, spons ditinggalkan di dalam kamar mandi jika sudah selesai digunakan. Ini justru akan menjadi tempat bagi bakteri untuk tumbuh.

Setiap kali spons dicuci dan digantungkan di kamar mandi, bakteri akan tumbuh di sana. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengganti spons lebih sering dan biarkan mereka kering dan jangan ditinggalkan di kamar mandi.

3. Menaruh sembarangan sikat gigi

Ilustrasi sikat gigi. (Pixabay)

Kamar mandi bukanlah area terbersih di rumah. Menyimpan sikat gigi di kamar mandi bukanlah ide yang bagus karena tempat itu menjadi zona yang berisiko akan bakteri. Temukan tempat yang aman untuk menjaga sikat goigi Anda dan ganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali.

Baca juga: Enak Sih, Tapi 6 Alasan Ini Bikin Kamu Stop Mandi Air Panas

4. Membawa gadget ke kamar mandi

Ilustrasi bermain gadget di kamar mandi. (Shutterstock)

Sekitar 90 persen orang membawa gadget mereka ke kamar mandi. Ya, kami membersihkan tangan kami, tetapi kami tidak membersihkan telepon kami setelah menghabiskan waktu di toilet. Setelah itu, kita mungkin membawa ponsel kita saat makan siang dan meletakkannya di atas meja. Kamu bisa bayangkan apa yang akan terjadi setelah itu.

Jika Anda bosan di kamar mandi, pertahankan permainan di sana. Misalnya, itu bisa berupa kubus rubik, tetapi meskipun begitu, jangan lupa untuk mencucinya.

5. Meninggalkan handuk basah menggantung di kamar mandi

Ilustrasi handuk. (Pixabay)

Kelembaban dan bakteri menjadikan kamar mandi tempat terburuk untuk menyimpan handukmu. Bukan ide yang bagus untuk menggantungnya di sana setelah mandi dan mengeringkan badan.

Bawalah handuk basahmu dan gantung di tempat yang kering dan segar, sehingga ketika kamu mandi berikutnya tidak akan dimanjakan dengan bau buruk handuk basah. Selain itu, Ggnti handukmu setiap kali setelah mandi.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: