Pantau Flash
Kemenkes Khawatir WNI di Diamond Princess Terjangkit Korona Tanpa Gejala
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik
China Pecat Sejumlah Pejabat Pasca Pasien Korona di Penjara Meningkat
WNI yang Dievakuasi dari Kapal Diamond Princess Langsung Dikarantina
Persija Hadapi Tim Singapura dalam Tajuk 'The Dream Team'

5 Manusia Terkaya dalam Sejarah Dunia, Jeff Bezos-Bill Gates Lewat Pokoknya

5 Manusia Terkaya dalam Sejarah Dunia, Jeff Bezos-Bill Gates Lewat Pokoknya Ilustrasi Jeff Bezos dan Bill Gates. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Banyak sekali manusia yang memiliki kekayaan yang sangat berlimpah. Bahkan, istilah harta mereka tidak habis dalam 7 turunan agaknya bukan hanya isapan jempol belaka. 

Jeff Bezos kini didapuk sebagai orang paling kaya di muka bumi ini. Ia dipercaya memilkiki kekayaan USD109,2 miliar. Jika di rupiah kan, mencapai 1555.712.340.000.000,00. Selanjutnya ada nama pendiri Microsoft, Bill Gates dengan USD102 miliar.

Namun berdasarkan sejarah di muka bumi ini, kekayaan mereka itu bukan apa-apanya. Ada 5 orang yang memiliki kekayaan melebihi dari dua manusia tersebut.

Siapa mereka? Berikut Pantau.com rangkum untuk Anda.

1. Mansa Musa


Mansa Musa I. (via wikipedia)

Mansa Musa adalah raja dari sebuah kerajaan bernama Timbuktu yang ada di Afrika. Sumber kekayaannya berasal dari emas. Bahkan, setiap bepergian ia membawa unta lengkap dengan kantong emas. Dan tak hanya itu, banyak lagi kekayaan Musa yang belum diketahui.

"Melihat catat kontemporer tentang kekayaan Musa itu sangat mencengangkan, sehingga hampir tidak mungkin untuk menghitung betapa kaya dan besar dia sebenarnya," ucap Profesor Sejarah Universitas California, Rudolph Butch Ware.

Ia berkuasa selama 25 tahun dari tahun 1312 sampai tahun 1337. Pada saat Mansa Musa naik tahta, wilayah Kekaisaran Mali mencakup bekas wilayah Kekaisaran Ghana di Mauritania selatan dan di Melle (Mali) serta wilayah-wilayah sekitarnya.

Baca juga:

2. Joseph Stalin


Joseph Stalin. (Foto: via wikipedia)

Ia adalah seorang penguasa Uni Soviet. Dan catat, kekuasaan itu adalah mutlak. Kebayangkan, berapa berlimpahnya harta si Stallin itu. Namun bagusnya, ia tidak pernah memperlihatkan kekayaannya, bahkan emas dan cerutu khas orang Soviet tak pernah ia perlihatkan.

Lahir dengan nama Ioseb Besarionis dze Jughashvili pada 18 Desember 1878. Lalu ia meninggal pada tanggal 5 Maret 1953 di umur 74 tahun. Selama hidupnya Stalin dikenal sebagai tokoh revolusi dan politikus Uni Soviet keturunan Georgia.

3. Raja Augustus


Raja Augustus. (via wikipedia)

Raja Augustus merupakan kaisar Romawi pertama dan salah satu yang paling berpengaruh. Ia menghadirkan kemegahan di Kekaisaran Romawi, yang dikenal dengan sebutan Pax Romana atau kedamaian Romawi. 

Memerintah sebagai penguasa tunggal mulai tahun 27 SM sampai tutup usia tahun 14 M.

Baca juga:

4. Raja Shenzong


Raja Shenzong. (via wikipedia)

Pria ini adalah kaisar Dinasti Song keenam. Nama pribadinya adalah Zhao Xu. Ia berkuasa dari tahun 1067 hingga 1085.

Pada masa jayanya, dinasti ini mampu menguasai sekitar 30 perdagangan dunia. Keren nggak tuh.

5. Sultan Akbar I


Sulatn Akbar I. (via wikipedia)

Ia juga ditakdirkan sebagai seorang penguasa secara mutlak kekayaan sebuah negara bernama Mughal. Ia mempunyai emas yang sangat banyak kala itu. Ia merupakan sultan Mogul ke-3 keturunan Dinasti Timurid, putra dari Sultan Humayun dan cucu dari Sultan Mogul Zaheeruddin Muhammad Babur, penguasa yang mendirikan dinasti Mugol di India. 

Ia juga dikenal sebagai Shahanshah Akbar-e-Azam atau Akbar yang Agung. Lahir 15 Oktober 1542, dan meninggal pada 27 Oktober 1605 pada umur 63 tahun. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta
Category
Ragam

Berita Terkait: