Pantau Flash
Nilai Kapitalisasi Apple Turun Rp466,1 Triliun Akibat Virus Korona
Arsul PPP Menduga Pasal 170 RUU Ciptaker Bukan Cuma Salah Ketik
Mendag Akan Kaji Bulog Impor Gula Konsumsi 200 Ribu Ton
Penyelidikan Dugaan Korupsi Megaproyek Kemenpar di Lombok Dihentikan
Singapura Kucurkan Dana Rp55 Triliun Atasi Dampak Virus Korona

6 Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih Untuk Bayi yang Baru Lahir

6 Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih Untuk Bayi yang Baru Lahir Ilustrasi. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Setelah Anda menjadi orang tua, banyak perawatan ekstra diperlukan untuk menjaga rumah Anda bebas kuman agar bayi Anda tetap sehat. 

Bayi memiliki kekebalan yang sangat lemah dan menjaga mereka terlindung dari kuman bisa sangat efektif dalam mencegah mereka dari penyakit.

Untuk itu, membersihkan rumah Anda sebelum kedatangan bayi baru adalah cara yang baik untuk memastikan semuanya rapi dan bersih.

Berikut ini 6 tips menjaga rumah tetap bersih untuk kesehatan bayi anda.

1. Gunakan Produk Pembersih yang Tepat

Produk dan obat pembersih harus dijauhkan dari pandangan bayi dan jauh dari jangkauan, menurut American Academy of Pediatrics. Gunakan desinfektan untuk membersihkan lantai, dapur, dan kamar mandi. Meja dapur dan tikar lantai harus dijaga kebersihannya dan bebas kuman.

2. Tinggalkan Sepatu di Luar Ruangan

Membiarkan sepatu Anda di dalam dapat membawa banyak bakteri dan kuman ke dalam rumah. Bahkan jika tamu berkunjung, minta mereka meninggalkan sepatu mereka di luar untuk memastikan lantai terlindungi dan kuman ditinggalkan di luar.

Baca Juga: Jangan Asal Tidur, Posisi Tidur Ini Berbahaya Bagi Ibu Hamil

3. Jaga Agar Jendela Selalu Terbuka

Semakin banyak ventilasi di dalam kamar Anda, semakin baik kualitas udaranya, yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir. Kamar Anda perlu memiliki sirkulasi udara yang baik karena penelitian menunjukkan bahwa bayi muda yang tidur di kamar tidur dengan kipas memiliki risiko lebih rendah terkena sindrom kematian bayi mendadak dibandingkan dengan bayi yang tidur di kamar yang kurang berventilasi.

4. Menjaga Kebersihan Dapur

Jangan lupa untuk membersihkan permukaan dapur dan cuci dengan desinfektan setiap hari. Selain itu, gunakan desinfektan segera setelah Anda menyiapkan ikan mentah, unggas, atau daging untuk membatasi penyebaran bakteri. Juga membersihkan lantai dapur dengan kain pel atau permadani adalah penting.

5. Jaga Kebersihan Kamar Mandi

Kamar mandi adalah salah satu area yang paling banyak mengandung kuman di rumah. Jadi bersihkan dengan menggunakan disinfeksi setiap sudut kamar mandi. Selalu gunakan sandal setiap kali Anda menggunakan kamar mandi.

Baca Juga: Risiko Melahirkan Bayi Kembar dari Proses Bayi Tabung

6. Selalu Kenakan Sarung Tangan

Saat membersihkan debu atau kotoran dalam rumah, jangan lupa untuk selalu kenakan sarung tangan. Karena setelah kehamilan kulit Anda menjadi lebih sensitif dan membersihkan benda-benda dengan tangan kosong dapat menyebabkan iritasi. Anda juga mungkin berisiko memindahkan kuman ke bayi Anda jika tangan Anda tidak bersih. Dengan cara ini, Anda dapat melindungi bayi dari kuman.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: