Pantau Flash
Puluhan Tahanan di Meksiko Terinfeksi Virus Korona
Analis: COVID-19 Miliki Dampak Luar Biasa pada Keuangan Rumah Tangga
FIFA Jatuhkan Skors ke Presiden Federasi Sepakbola Haiti
Gelar Operasi Pasar, Mendag Masih Temukan Harga Komoditas Tinggi
Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan 'The New Normal' di Stasiun MRT HI

Aksi Peduli Yura Yunita Terhadap Penyandang Disabilitas

Aksi Peduli Yura Yunita Terhadap Penyandang Disabilitas Yura Yunita. (Foto: Pantau.com/Ryan Cesario)

Pantau.com - Penyanyi solo wanita Yura Yunita membuat proyek bertajuk 'Merakit Ruang Kolaborasi' untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember setiap tahunnya.

Baca juga: Yura Yunita Antusias Ketika Ditawari Menjadi Host untuk Acara Talkshow

Yura mengatakan bahwa proyek ini berangkat dari keinginannya untuk melibatkan dan menyampaikan pesan lagunya, 'Merakit' (2018), ke semua orang tak terkecuali tuna netra dan tuna rungu.

"Dari lagu 'Merakit' itu aku dipertemukan banyak orang-orang hebat seperti Bunda Galuh (praktisi tuna rungu). Teman-teman tuna rungu juga bisa menikmati lagu itu dengan cara bahasa isyarat karena musik seharusmya adalah bahasa universal," kata Yura dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Penyanyi berusia 28 tahun itu menilai bahwa bahasa isyarat memiliki sesuatu yang 'magis' dan bisa mendorong baik penyandang tuna rungu maupun dirinya ketika menyelami makna sebuah lagu.

"Bahasa isyarat pun juga magis. Bagaimana mereka bisa tahu temponya, teman-teman tuli juga bisa mendengarkan lagu itu," ujar Yura.

Proyek 'Merakit Ruang Kolaborasi' itu nantinya akan menghadirkan berbagai pelatihan bagi para tuna netra dan tuna rungu di M Bloc Space pada 15 dan 20 Desember.

Baca juga: Ada Lagu Kejutan di 'Merakit Deluxe Album' Yura Yunita, Penasaran?

Terdapat empat pelatihan, mulai dari kelas memasak, kelas kecantikan, kelas fotografi dan videografi, hingga kelas perkusi.

Pelatihan ini diisi oleh para praktisi terbaik dari masing-masing bidang antara lain Touch and Play (perkusi), Parti Gastronomi (memasak), Wardah (kecantikan), dan sutradara Raditya Bramantya (videografi).

Tak hanya berisi pelatihan saja, Yura juga akan mengajak peserta untuk berkolaborasi dengan beberapa musikus nasional untuk berduet.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: