Pantau Flash
Menkes Terawan: 9 WNI Positif Korona di Diamond Princess Tidak Sakit Berat
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern

Ini 5 Penampakan Asteroid Langka yang Berhasil Tertangkap Kamera

Ini 5 Penampakan Asteroid Langka yang Berhasil Tertangkap Kamera Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Asteroid, juga disebut planet kecil adalah benda-benda kecil berbatu yang sebagian besar mengambang di sabuk asteroid yang bernama Main Asteroid Belt di antara orbit Mars dan Jupiter. 

Di sabuk asteroid ini ada empat asteroid paling besar yang pernah diteliti, bernama Ceres, Vesta, Pallas, dan Hygiea. Mereka terutama terbuat dari bahan (logam atau batu) yang tersisa dari pembentukan tata surya bagian dalam.

Berikut penampakan asteroid yang tertangkap kamera dirangkum Pantau.com dari berbagai sumber.

Baca juga: Banyak yang Salah Kaprah, Ini Deretan Fakta Mengejutkan Ruang Angkasa

1. Asteroid 2003 SD220

Asteroid 2003 SD220. (Foto: NASA)

Asteroid ini ditemukan pada September 2003 oleh para astronom dari Lowell Observatory Near-Earth-Object Search di Stasiun Anderson Mesa dekat Flagstaff, Arizona, Amerika Serikat.

Gambar-gambar radarnya mengungkapkan bentuknya seperti "kuda nil mengarungi sebuah sungai". Benda ini terbang melintasi Bumi pada 22 Desember 2018, posisi terdekatnya ke Bumi hingga 2070.

Menurut NASA, asteroid kuda Nil ini berukuran panjang 1,6 kilometer dengan rotasi yang sangat lambat, sekitar 12 hari. NASA menjelaskan asteroid ini juga memiliki semacam rotasi kompleks yang agak mirip dengan lembaran bola yang buruk.

2. Lutetia

Asteroid Lutetia. (Foto: ESA)

Secara resmi disebut 21 Lutetia, asteroid ini ditemukan Hermann Goldschmidt dari balkon apartemennya di Paris pada 1852. Lutetia adalah nama Latin Paris. 

Asteroid unik ini saat ini panjangnya 121 kilometers, garis tengahnya 75 kilometer, dan lebarnya 100 kilometer. ESA mengatakan data pesawat antariksa Rosetta menunjukkan bahwa permukaan asteroid Lutetia 21 berpori-pori, seperti kebanyakan asteroid, tetapi asteroid itu merupakan salah satu benda yang paling padat dalam rangkaian asteroid yang terletak di antara planet Mars dan Jupiter.

3. Eros

Asteroid Eros. (Foto: NASA)

433 Eros adalah asteroid dekat-bumi pertama yang ditemukan. Nama asteroid ini dinamai dari dewa cinta Yunani, Eros. 433 Eros ditemukan pada tanggal 13 Agustus 1898 oleh Carl Gustav Wittdi Observatorium Urania di Berlin, Jerman.

Asteroid 433 Eros adalah asterorid tipe S, terdiri dari besi dan magnesium silikat. Orbit asteroid 433 Eros oval memanjang serta memasuki orbit Mars. Hal ini memungkinkan para astronom mengamati asteroid ini sekaligus meneliti kembali jarak Bumi dengan Matahari lewat uji parallax.

Baca juga: 6 Foto Hujan Meteor Perseid Paling Indah dari Berbagai Belahan Dunia

4. Toutatis


Asteroid Toutatis. (Foto: NASA)

Pertama kali terlihat pada 1934, Toutatis hilang sampai astronom Prancis Christian Pollas menemukannya kembali pada 4 Januari 1989. Dinamai setelah dewa Celtic, Toutatis melewati Bumi dengan jarak 4,3 juta mil (6,9 juta km) pada 12 Desember 2012, pendekatan terdekat hingga 2069.

Asteroid Toutatis yang secara resmi diberi nomor 4179. Toutatis terkenal di kalangan astronom karena pergerakan orbit dan rotasinya yang berbeda dengan planet pada umumnya.

5. Bennu


Asteroid Bennu. (Foto: NASA)

Ditemukan pada 1999, Bennu mendapatkan namanya pada 2012 ketika seorang anak berusia sembilan tahun dari North Carolina, AS, memenangkan kontes internasional yang diadakan untuk menamai asteroid.

Bennu menjadi target misi OSIRIS-REx NASA, yang bertujuan mengumpulkan sampel dari asteroid dan mengembalikannya ke Bumi untuk dipelajari pada 2023.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - NPW
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: