Pantau Flash
Seluruh Kecamatan di Kota Medan Masuk Zona Merah COVID-19
PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
Nihil Kasus Baru di 6 Provinsi, Positif COVID-19 di Indonesia 29.521 Kasus
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni

Jika Dikombinasikan Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Racun

Jika Dikombinasikan Makanan Sehat Ini Bisa Jadi Racun Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Buah dan sayur merupakan makanan yang memiliki banyak vitamin dan menyehatkan. Sangat penting bagi seseorang untuk mengonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan. Tapi, jika salah dalam mengonsumsinya, buah dan sayur malah bisa berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa buah dan sayur bisa menjadi racun ketika dikombinasi atau dicampur dengan makanan lainnya. Hal ini penting untuk diketahui karena bukan tidak mungkin salah satu diantaranya sering atau pernah kita konsumsi.

Berikut ini adalah daftar buah dan sayuran yang tak boleh dicampur, dikutip dari healthytipsworld:

1. Jeruk dan Wortel

Apakah Kamu salah satu yang pernah mencampurkan jeruk dan wortel terutama saat membuat jus? Kombinasi ini sangat populer dan dianggap menyehatkan karena jeruk dan wortel memiliki kandungan gizi yang baik.

Tapi kenyataannya mengonsumsi campuran buah jeruk dan wortel dapat menyebabkan rasa panas dalam perut dan meningkatnya asam lambung. Bahkan dalam beberapa kasus bisa mengalami kerusakan ginjal.

Baca juga: 

2. Jeruk dan Susu

Dua kombinasi ini juga sering kita temukan baik itu saat membuat jus atau bahkan dalam minuman kemasan yang memiliki rasa jeruk dan susu. Mulai sekarang sebaiknya berhenti mengkombinasikan jeruk dan susu untuk dikonsumsi karena hal itu menyebabkan proses pencernaan terhambat.

3. Nanas dan Susu

Seperti halnya jeruk, nanas juga pantang dicampur dengan susu untuk dikonsumsi. Kandungan bromelain yang terdapat dalam nanas bisa menyebabkan sakit perut, sakit kepala, diare, infeksi dan sangat berbahaya untuk bayi, jika dicampur dengan susu.

Baca juga: 

4. Jambu dan Pisang

Kombinasi jambu dan pisang memang sangat jarang kita temui dalam berbagai makanan. Kombinasi ini dapat menyebabkan meningkatnya asam dalam darah yang memicu sakit kepala dan mual.

5. Pepaya dan Lemon

Pepaya dan lemon sama sekali tidak ada kecocokan ketika dikombinasikan. Campuran dari kedua buah ini mengakibatkan anemia dan masalah pada hemoglobin.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: