Pantau Flash
Kemenperin Target 4 Persen Populasi Penduduk Indonesia Berwirausaha
Megawati Akan Umumkan Langsung 50 Pasangan Bakal Cakada 19 Februari 2020
RUU Cipta Kerja Belum Final, Menaker: Ruang Dialog Selalu Terbuka
Menkeu Ancam Akan Tarik Injeksi Modal Rp13 Triliun BPJS Kesehatan
Simeone: Liverpool Bakal Cetak Sejarah

Mengonsumsi Probiotik dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Mengonsumsi Probiotik dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah Ilustrasi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi bakteri menguntungkan, baik dari makanan seperti yogurt ataupun suplemen probiotik, bisa membantu mengurangi tekanan darah.

Menurut analisis yang dilakukan para peneliti di Australia, suatu studi terkontrol menemukan partisipan studi yang secara teratur mengonsumsi makanan mengandung bakteri hidup dalam jumlah banyak atau mengonsumsi suplemen probiotik berkurang tekanan darah dibandingkan kelompok kontrol.

Hasil studi yang dipublikasikan di jurnal Hypertension, orang yang mengonsumsi probiotik tekanan darah sistoliknya berkurang rata-rata 3,56 mmHg dan tekanan darah diastoliknya sekitar 2,38 mmHg, lebih dari peserta studi yang tidak mengonsumsi probiotik.

Baca Juga: Coba Deh Makan Yogurt Pagi Hari, Rasakan 7 Manfaat Ini

"Kumpulan studi yang kami lihat menunjukkan konsumsi probiotik secara teratur dapat menjadi bagian dari gaya hidup sehat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi," ujar Jing Sun, penulis studi dan dosen senior biostatistik Griffith University School of Medicine di Queensland, Australia.

"Mereka bisa membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat," katanya seperti dilansir laman Live Science.

Para peneliti mengatakan, penurunan tekanan darah dari penggunaan probiotik dalam analisis itu sebanding dengan hasil yang terlihat dalam studi pada orang yang mengurangi asupan garamnya menjadi kurang dari 2.000 miligram sodium per hari dan orang yang memulai program latihan berat teratur.

Para peneliti mengevaluasi data dari sembilan studi tentang efek probiotik pada 543 orang dewasa dengan tekanan darah normal dan tekanan darah tinggi.

Sebagian besar percobaan dalam studi itu kecil dan melibatkan orang yang mendapatkan bakeri sehat dari konsumsi makanan seperti yogurt, minuman fermentasi atau keju serta satu studi yang melibatkan orang yang mengonsumsi kapsul suplemen probiotik.

Baca Juga: Konsumsi 3 Buah Ini untuk Atasi Tekanan Darah Tinggi

Menurut para peneliti, analisis studi tidak melihat apakah mendapatkan bakteri dari makanan lebih baik dari pada untuk mengurangi tekanan darah dibandingkan dari suplemen.

Data memperlihatkan bahwa orang perlu mengonsumsi probiotik setidaknya delapan pekan untuk melihat perbaikan tekanan darah.

Tapi penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa strain probiotik adalah yang paling baik untuk menurunkan tekanan darah, katanya.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Kontributor - SIG
Category
Ragam

Berita Terkait: