Pantau Flash
Erick Thohir: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Terus Jalan
Warga Padang Dilarang Keluar Malam dari Pukul 22.00-06.00 WIB
Kota Tegal Resmi Karantina Wilayah
Olahraga Indonesia Fokus Menangani COVID-19
Pemprov Jabar Resmi Keluarkan Maklumat Larangan Mudik dan Piknik

Teh Hangat atau Dingin, Mana yang Lebih Bermanfaat Untuk Kesehatan?

Teh Hangat atau Dingin, Mana yang Lebih Bermanfaat Untuk Kesehatan? Menyeduh Teh. (Foto: Ist)

Pantau.com - Selain kopi, teh menjadi minuman paling terkenal dan banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Bagi sebagian orang, teh hangat jadi pilihan untuk menghilangkan haus. Sementara orang lainnya memilih es teh sebagai minuman yang sempurna untuk menyegarkan tenggorokan.

Selain dari rasa dan aromanya yang menenangkan, ada beberapa manfaat kesehatan jika kamu minum teh setiap hari lho. 

Teh dikenal karena sifat antioksidannya. Tetapi jumlah antioksidan yang masuk ke dalam tubuh tergantung pada jenis daun teh yang digunakan dan seberapa panas minuman itu. Jumlah maksimum antioksidan ditemukan dalam teh putih dan itu juga ketika dibiarkan dalam waktu yang lama. Hal itu juga biasa terjadi pada teh hijau.

Jadi jika kamu ingin memaksimalkan asupan antioksidan, maka ide yang baik untuk mengonsumsi teh dalam air dingin.

Baca juga: Sudah Tahu? Kebanyakan Minum Teh Jahe Bisa Picu 6 Masalah Ini Lho

Minum teh dengan air yang terlalu panas sering dikaitkan dengan kanker. Sesuai penelitian tahun 2018, minum teh panas dapat meningkatkan risiko kanker.

Kemungkinan kanker menjadi lebih tinggi pada orang yang merokok dan minum alkohol. Melansir dari Times of India, studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer pada tahun 2019 mengungkapkan bahwa minum teh yang terlalu panas dapat meningkatkan risiko terkena kanker kerongkongan.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Teh Hijau, Salah Satunya Cegah Pertumbuhan Kanker

Selain itu, teh tanpa pemanis dan es bermanfaat untuk orang yang mencoba menurunkan berat badan. Bahkan mungkin baik untuk orang gemuk yang menderita masalah hipertensi dan masalah kardiovaskular lainnya.

Teh tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga sarat dengan nutrisi lain. Jika kamu ingin memaksimalkan manfaat itu, maka mulailah minum teh dingin atau es. Teh dingin mengandung senyawa bioaktif tambahan seperti asam galat dan epigallocatechin gallate.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Lilis Varwati