Pantau Flash
Seluruh Pasien COVID-19 di Klaster Terbesar Gunung Kidul Telah Sembuh
Soal Larangan Tampil di Liga Champions, Guardiola Yakin City Menang Banding
Kalahkan Leverkusen di Final Piala Jerman, Bayern Raih Gelar Ke-2 Musim Ini
Cina Melaporkan 8 Kasus Baru Virus Korona
Dua Tersangka Kasus Korupsi Bank NTT Ditangkap di Mojokerto

YouTube Sedang Uji Coba Fitur Baru Mirip TikTok

Headline
YouTube Sedang Uji Coba Fitur Baru Mirip TikTok Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - YouTube sedang menguji fitur baru pada aplikasi selulernya yang memungkinkan pengguna membuat dan mengunggah video pendek berdurasi 15 detik, mirip seperti TikTok.

Fitur tersebut saat ini tersedia untuk sejumlah pengguna, dan peluncuran massal diharapkan setelah fase pengujian selesai, Gadgets 360 melaporkan.

Baca juga: 20 Film Festival Akan Tayang di YouTube Selama 10 Hari

Pada April lalu, telah ada laporan yang mengindikasikan YouTube akan menghadirkan fitur, yang kabarnya akan dinamai YouTube Shorts tersebut.

YouTube menjelaskan bahwa fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk merekam beberapa video langsung dalam aplikasi seluler YouTube dan mengunggah dalam satu video.

Jika video berdurasi kurang dari 15 detik, dapat langsung diunggah ke platform, setelah perekaman. Namun, jika pengguna ingin mengunggah video lebih dari 15 detik, perlu diunggah dari galeri telepon.

Fitur tersebut saat ini terbatas untuk pengguna Android dan iOS, dan mereka dapat memeriksa ketersediannya dengan menemukan opsi 'buat video.'

Namun, belum diketahui pasti apakah fitur tersebut berisi alat video seperti filter, efek, musik dan sebagainya, seperti yang terlihat pada aplikasi TikTok.

YouTube sudah memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengunggah video pendek dalam bentuk YouTube Stories, yang dikenal dengan nama YouTube Reels. Fitur ini memulai debutnya pada 2017.

Baca juga: YouTube Larang Konten Tak Berdasar Mengenai COVID-19

Demikian pula, raksasa media sosial lainnya seperti Facebook juga telah mencoba menyaingi TikTok dengan aplikasi mereka sendiri. Bulan lalu, Facebook sedang menguji aplikasi baru untuk pecinta musik, yang dinamai Collab.

Aplikasi ini, menurut Facebook, memungkinkan pengguna untuk membuat dan menggabungkan video musik pendek. Pada tahun 2018, Facebook juga telah meluncurkan aplikasi serupa yang terinspirasi TikTok, bernama Lasso.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: