Pantau Flash
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia
Menlu Iran: AS Tak Bisa Bikin Teluk Persia Kacau
Dari 20 Nama 4 Anggota Polri Lolos Profile Assessment Jadi Capim KPK
Dirut Jasa Marga Dukung Pemindahan Ibu Kota: Tol di Kalimantan Sudah Ada
Kapolsek Sukajadi Diperiksa karena Diduga Kirim Miras ke Mahasiswa Papua

33 Orang Tewas dalam Kebakaran Studio Animasi Kyoto di Jepang

33 Orang Tewas dalam Kebakaran Studio Animasi Kyoto di Jepang Petugas pemadaman kebakaran terlihat melakukan pemadaman api di studio Kyoto Animation, Kyoto, Jepang Barat. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Setidaknya 33 orang meninggal dunia dalam kebakaran yang diduga disengaja di sebuah studio animasi di Kyoto, Jepang, Kamis (18/7/2019). Kematian massal itu menjadi insiden paling buruk dalam dua dekade.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyampaikan belasungkawanya dan menyebut serangan di Kota Kyoto itu merupakan pembunuhan mengerikan di negaranya yang dikenal dengan rendahnya tingkat kejahatan.

"Hari ini, dalam pembunuhan besar-besaran di Kyoto, ada banyak korban. Saya menyampaikan belasungkawa kepada korban yang meninggal dunia dan para keluarga yang ditinggalkan," kata Abe dalam akun Twitternya.

Baca juga: 20 Orang Diduga Tewas dalam Kebakaran Studio Animasi Kyoto Jepang

Kepolisian Jepang telah menahan pria pelaku pembakaran studio Kyoto Animation yang diketahui berusia 44 tahun. Pria itu meneriakkan kata 'mati' ketika menuangkan cairan bensin ke gedung sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Seorang pejabat untuk Departemen pemadam kebakaran Kota Kyoto mengatakan, 33 orang telah dikonfirmasi tewas, dikutip Reuters, Kamis (18/7/2019).

Api melalap bangunan yang nampak asap putih dan hitam keluar dari jendela hangus. insiden itu merupakan pembantaian massal terburuk Jepang sejak serangan pembakaran di sebuah bangunan Tokyo pada 2001.

Baca juga: Studio Kyoto Animation di Jepang Dibakar, Puluhan Orang Terluka

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional

Berita Terkait: