Forgot Password Register

5 Alasan Kenapa Kita Selalu Merasa Lapar, Padahal Habis Makan

Ilustrasi orang saat lapar. (Foto: Boldsky) Ilustrasi orang saat lapar. (Foto: Boldsky)

Pantau.com - Anda baru saja makan besar dan bergizi lima menit yang lalu. Tapi ketika hendak duduk menonton tv, tiba-tiba merasa ingin makan makanan manis atau asin. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ada banyak alasan, kenapa kita merasa lapar bahkan di saat sudah makan sebelumnya. Hal itu terkadang tidak selalu di bawah kendali Anda, seperti tiroid, masalah gaya hidup seperti tingkat stres yang tinggi, dan kurangnya tidur.

Berikut kami jelaskan beberapa alasan kenapa Anda Merasa Lapar Bagaimana Cara Mengatasinya?

1. Tubuh Anda benar-benar membutuhkan makanan

Salah satu tanda kelaparan adalah menurunnya kadar glukosa darah. Saat hal itu terjadi, cari tahu apakah rasa lapar tersebut datang secara perlahan (sebagaimana rasa lapar secara emosional datang dengan cepat). Atau coba dengarkan bunyi geraman perut dan tes apakah masih merasa lapar meski setelah meminum segelas penuh air.

Solusi: cobalah makan makanan bernutrisi dan makanan ringan secara teratur sepanjang hari. Dan juga sertakan makanan mangandung lemak baik ke dalam sumber makanan Anda.

2. Anda tidak cukup banyak makan pada Saat Sarapan

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting. Studi jangka panjang yang dilakukan oleh University of Cambridge menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi 300 kalori untuk sarapan berat badannya naik dua kali lipat daripada mereka yang mengkonsumsi 500 kalori saat sarapan. Alasannya? Makan pagi yang cukup, dapat mengurangi meningkatnya gula darah dan insulin, sehingga lebih sedikit mengidam makanan secara tiba-tiba.

Solusi: tambahkan asupan protein ke dalam makanan anda, seperti sosis dan telur. Juga, mengkonsumsi daun-daunan (sayuran) hijau dapat menghalangi rasa lapar yang tiba-tiba, karena mereka mengandung vitamin K yang tinggi, berfungsi untuk untuk mengatur nutrisi insulin.

3. Berhentilah Merasa Tertekan atau Stres

Ketika kita merasa stres, tubuh akan menghasilkan hormon adrenaline dan kortisol. Sayangnya, tubuh kita belum belajar untuk menguraikan perbedaan antara hormon adrenaline dan kortisol (hormon stres) tersebut, bagi tubuh mereka itu semua sama. Dan ketika tubuh mulai memproduksi hormon stres lainnya, tubuh kita menuntut "bahan bakar" untuk memberi kita kekuatan keluar dari masalah yang menurut tubuh kita butuhkan. Hasilnya muncull ah isyarat atau tanda jika kita merasa lapar.

Solusi: Pertama, kurangi asupan kafein. Lakukan latihan pernafasan. Lakukan yoga, meditasi, tai chi atau apapun yang berhubungan dengan meditasi pernapasan.

4. Anda kekurangan tidur yang berkualitas

Tidur sangat mempengaruhi nafsu makan. Sains kini telah menyimpulkan bahwa ketika seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup, dua hormon utama yang mengontrol rasa kenyang dan nafsu makan berubah. Jadi, anda akan memiliki keinginan makan berlebih ketika anda tidak cukup tidur.

Solusi: pastikan untuk tidur delapan jam per malam. Mempunyai waktu tidur dan bangun yang teratur juga cukup membantu.

5. Kurangnya minum air

Ketika dehidrasi, bagian otak hipotalamus yang bertanggung jawab untuk mengirim sinyal rasa lapar dan haus bercampur, sehingga Anda berpikir bahwa harus mengunyah meskipun apa yang diperlukan pada saat itu hanyalah segelas air.

Solusi: jika Anda masih merasa lapar meskipun telah makan besar, cobalah untuk meminum segelas air.




Share :
Komentar :

Terkait

Read More