Forgot Password Register

5 Cara Efektif untuk Mengontrol Rasa Haus Saat Puasa

5 Cara Efektif untuk Mengontrol Rasa Haus Saat Puasa Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bulan Ramadhan tinggal dalam hitungan hari, artinya umat muslim sebentar lagi akan melaksanakan ibadah puasa. Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan ibadah puasa adalah menahan haus, apalagi saat cuaca panas dan kita memiliki banyak aktivitas.

Untuk bisa mengatasi rasa haus saat menjalankan puasa, sebelumnya kita harus memastikan asupan makanan dan minuman saat sahur. Makanan serta minuman yang dikonsumsi saat sahur memegang peran penting dalam mengontrol rasa haus sepanjang jam puasa.

Baca juga: Periksa Kondisi Tangan Untuk Deteksi Penyakit Sejak Dini

Dilansir dari Emirates247, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mengontrol rasa haus saat puasa.

1. Usahakan untuk minum minimal 8 gelas setiap hari. Kamu bisa mengatur polanya disaat jam berbuka puasa atau di saat sahur. 

2. Hindari mengonsumsi makanan pedas atau panas karena akan meningkatkan rasa haus saat berpuasa.

3. Batasi konsumsi garam berlebih. Beberapa makanan seperti ikan asin atau acar dapat meningkatkan kebutuhan cairan pada tubuh kita.

Baca juga: Hati-hati, Tahun Pertama Pernikahan Rawan Perceraian

4. Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya air dan serat. Jenis makanan tersebut dapat bertahan lama dalam usus dan bisa mengurangi rasa haus.

5. Hindari untuk minum banyak air sekaligus saat makan. Minumlah air diantara waktu makan dalam jumlah sedang namun rutin.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More