Pantau Flash
Marquez Persembahkan Treble Crown untuk Lorenzo
Sesmenpora: Tidak Mungkin Indonesia Juara Umum Sea Games
Parah! Oknum Satpol PP Bobol Bank DKI Sejak Mei dengan Kerugian Rp32 Miliar
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri

5 Fakta Profil Kolonel Hendi Suhendi, Karir Rusak karena Istri Nyinyir

Headline
5 Fakta Profil Kolonel Hendi Suhendi, Karir Rusak karena Istri Nyinyir Irma Zulkifli Nasution Hendari, istri mantan Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Kavaleri Hendi Suhendi (Foto: Antara/Jojon)

Pantau.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menghukum dua anggota TNI AD, Kolonel Hendi Suhendi akibat postingan nyinyir istrinya terkait insiden Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto yang ditusuk di Pandeglang, Banten.

Andika mengatakan ia telah mencopot Kolonel Hendi dari jabatannya sebagai Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) Kendari dan menambahkan sanksi militer berupa penahanan ringan selama 14 hari.

Baca Juga: Komandan Kodim Dicopot, Usai Sang Istri Posting Nyinyir Soal Wiranto

Lantas siapakah sosok Kolonel Hendi Suhendi yang harus menerima pil pahit usai sang istri melakukan nyinyiran atas peristiwa yang menimpa Wiranto beberapa waktu yang lalu.

1. Karir

Kolonel Hendi Suhendi merupakan lulusan Akademi ABRI pada 1993. Jauh sebelum menjadi Dandim di Kendari, Hendi diketahui pada 2011 yang lalu pernah menjadi Dandim 0303/Bengkalis. 

Selain itu, juga dirinya sempat menjalankan tugasnya di luar negeri yakni di Moscow, Rusia. Di Rusia, Hendi bertugas sebagai Ataase Darat kantor atase pertahanan (Athan) RI di kota Moscow.

2. Baru 2 Bulan menjadi Kodim Kendari

Sempat bertugas di luar negeri ia kemudian kembali ke Tanah Air pada 2018. Selang setahun kemudian Kolonel Hendi diangkat menjadi Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) Kendari menggantikan Letkol Cpn KRT Fajar Lutvi Haris Wijaya melalui serah terima jabatan (sertijab) yang digelar Senin, 19 Agustus 2019.

Acara sertijab itu dipimpin langsung oleh Danrem 143/HO, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto. Jika meniliki dari tanggal 19 Agustus 2019 Kolonel Hendi dilantik menjadi Dandim, dan sampai akhirnya tanggal 11 Oktober 2019 KSAD Andika mengumumkan mencopot Kolonel Hendi dari jabatannya.

Maka terhitung hanya dua bulan saja Kolonel Hendi menjabat sebagai Dandim di Kendari. Hal itu semua diakibatkamn oleh perilaku istrinya yang dianggap kurang pantas.

3. Jabatan Kodim Kendari baru kali ini dipegang oleh perwira menengah

Fakta selanjutnya, sepanjang sejarah ternyata Kodim 1417/Kendari baru kali ini dijabat oleh perwira menengah dengan pangkat Kolonel, yaitu hanya Kolonel Hendi. Hal itu terjadi lantaran Kodim 1417/Kendari telah mengalami kenaikan tipe, bersama dengan 36 Kodim lainnya di seluruh wilayah Indonesia. 

Hal tersebut juga dituangkan dalam Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nomor 6, Tahun 2019 tentang peningkatan Status Komando Distrik Militer (kodim) tipe B menjadi tipe A.

4. Hobi berolahraga sepeda

Tahukah kamu jika beberapa jam sebelum KSAD Andika memutuskan untuk mencopot Kolonel Hendi dari jabatannya sebagai Kodim Kendari, Kolonel Hendi sempat mengajak prajuritnya untuk melakukan olahraga bersepeda santai. Hal itu rupanya memang merupakan hobi dari Kolonel Hendi.

Hal itu seperti dilihat Pantau.com dari situs resmi milik Kodim Kendari.

"Ternyata berolahraga bukan sekadar untuk menyehatkan badan saja, ini bisa juga menjadi ajang menjalin keakraban antara Komandan dengan bawahan yang dipimpinnya," kata Kolonel Hendi dikutip dari situs resmi miliki Kodim Kendari.

5. Dikenal sangat supel dan disiplin

Untuk diketahui sebelum menjabat sebagai Kodim Kendari, Kolonel Hendi pernah menjabat sebagai Kodim Bengkalis. Saat itu pangkatnya masih sebagai Letkol. Di mata para rekan atau kerabatnya ketika di Kodim Bengkalis, ternyata Kolonel Hendi dikenal sebagai pribadinya yang memiliki pergaulan yang sangat bagus. Selain itu juga dirinya dikenal sebagai pribadi yang sangat disiplin.

Baca Juga: Dear Istri TNI... Jaga Komentar di Medsos, Karir Suami Bisa Jadi Taruhannya

"Beliau, kita kenal sebagai pemimpin sangat disiplin, namun beliau sangat bersahaja dalam pergaulan di saat luar dinas. Seperti berkawan saja, tidak kayak atasan dan bawahan," ujar kerabat Kolonel Hendi, anggota Kodim saat ini dinas di Duri yang tak mau disebutkan namanya tersebut.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: