Pantau Flash
Kemenhub Tindak Lanjuti Pelanggaran Garuda Indonesia
Indonesia Masih Kalah dari Thailand dan Vietnam Soal Produksi Mobil Listrik
33 Orang Dieksekusi Cambuk di Aceh, Ada yang Dihukum 100 Kali karena Zina
Miliki Strategi Pengembangan SDM, Pupuk Indonesia Raih Penghargaan
Pencopotan Dirut Garuda Tak Pengaruhi Angkutan Natal dan Tahun Baru

5 Kota dengan Luas Terkecil di Indonesia, Ada yang Pernah Jadi Ibu Kota

Headline
5 Kota dengan Luas Terkecil di Indonesia, Ada yang Pernah Jadi Ibu Kota Kota Sibolga (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Tak ayal banyak juga kota dan kabupaten di dalamnya terbentuk. Kota merupakan pemukiman yang secara fisik yang terdapat tata ruang yang mendukung kehidupan masyarakat yang tinggal di dalamnya sehingga bisa masuk kedalam daftar kota terkecil di indonesia.

Ukuran atau luas dari masing-masing kota juga sangat beragam. Ada yang ukurannya luas akan tetapi penduduk yang tinggal menempati kota tersebut sangat lah sedikit. Namun ada juga sebaliknya luas kotanya tersebut tak sebanding dengan padatnya penduduk yang menempatinya.

Apa Saja Daftar Kota Terkecil di Indonesia?

Berikut Pantau.com merangkum dari berbagai sumber beberapa kota yang luasnya paling kecil di Indonesia.

1. Magelang

kota magelang

Borobudur di Magelang (Foto: Instagram/@explore.magelang)

Kota yang letak geografisnya berada di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata masuk ke dalam daftar kota dengan luas terkecil di Indonesia. Magelang hanya memilki luas 18,12 km2. Hal tersebut terbilang sangat kecil mengingat jumlah penduduk yang tinggal di Magelang mencapai 127.784 jiwa.

2. Mojokerto

mojokerto

Patung Budha di Mojokerto (Foto: Tribunnews)

Kota selanjutnya yang tergolong dalam kota dengan luas paling kecil adalah Mojokerto, Jawa Timur. Hal itu dibuktikan dengan catatan yang menyebut bahwa Mojokerto memiliki luas sebesar 16,456 km2. Tak kalah dengan Magelang, Mojokerto juga dipadati dengan penduduknya yang mencapai 112.547 jiwa.

3. Sibolga

sibolga

Kota Sibolga (Foto: Instagram)

Kemudian kota yang tergolong dalam kota paling kecil luasnya di Indonesia berada di Sumatera Utara. Kota Sibolga ini tercatat hanya memiliki luas sebesar 34,36 km2. Hal yang membuat Sibolga paling kecil lantaran hanya memilki daratan seluas 10,77 km2. Adapun kota ini memilki jumlah penduduk yang luamayan padat yakni 93.207 jiwa.

4. Pasuruan

pasuruan

Kota Pasuruan (Foto: Instagram/@explorePasuruan)

Kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki luas yang terbilang sangat kecil di Indonesia. Pasuruan tercatat hanya memilki luas 36,58 km2 dengan total jumlah penduduk yang menempati sekitar 165.992 jiwa.

5. Bukittinggi

bukit tinggi

Jam Gadang Bukittinggi (Foto: Instagram/@explore.bukittinggi)

Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Barat ini wajib masuk kategori kota dengan luas terkecil di Indonesia. Pasalnya Bukittinggi hanya memiliki luas sekitar 25,24 km2. Kota yang erat juga dengan sejarah ini juga tergolong padat, karena hanya dihuni sekitar 115.244 jiwa. Bukittinggi pernah jadi ibu kota negara saat pemerintahan darurat pada tahun 1948.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Bagaskara Isdiansyah
Category
Ragam

Berita Terkait: